1771 - Exhibition
1771 – Exhibition

Mungkin jadi sebuah kutukan buat saya untuk suka yang namanya sejarah. Baik sejarah yang tertulis di barang yang digunakan sehari-hari di masa yang lalu ataupun sejarah sebuah bangsa yang dituangkan dalam benda-benda seni di setiap era. Dan kali ini beruntung bagi saya, karena di tahun 2016 ini, Pemerintah Indonesia mengijinkan untuk memamerkan lukisan koleksi istana negara Indonesia untuk umum. Dan yang lebih menarik lagi adalah dapat dinikmati secara gratis tanpa ada biaya apapun. Kita hanya tinggal antri dan masuk untuk melihat lukisan-lukian yang dipamerkan dalam Pameran Lukisan Istana Negara yang diberi nama 17|71 yang berarti peringatan kemerdekaan 17 Agustus kali ini adalah peringatan ke 71 tahun negara Indonesia sejak merdeka di tahun 1945.

Warga negara ini dapat menikmati lukisan-lukisan yang indah di Pameran Lukisan 17|71 yang diadakan di Galeri Nasional. Bagi pembaca yang belum tahu dimana letaknya, Galeri Nasional bertempat di seberang stasiun kereta api Gambir, Jakarta. Cukup mudah mengaksesnya dengan jalan kaki karena boleh dibilang cukup dekat.

Pameran Lukisan 17|71 memamerkan sekitar 40 lebih lukisan baik itu karya anak bangsa sendiri atau juga seniman luar negeri yang mayoritas menjadi koleksi istana negara di sekitar awal-awal kemerdekaan. Kita memang mau tidak mau harus berterima kasih kepada Bung Karno karena beliaulah maka saat ini negara ini mempunyai koleksi lukisan-lukisan yang bercita rasa seni tinggi yang dirawat dengan semestinya sebagai salah satu warisan bangsa Indonesia.

Di pameran lukisan kali ini, saya kembali bertemu dengan lukisan karya Raden Saleh berjudul Penangkapan Pengeran Diponegoro yang menjadi masterpiece diantara karya lukisan yang lain yang dipajang di pameran kali ini. Lukisan Penangkapan Diponegoro karya Raden Saleh menncoba menggambarkan detik-detik dimana pejuang Indonesia yaitu Pangeran Diponegoro ditangkap oleh penjajah Belanda waktu itu. Di lukisan ini, dilukiskan Pangeran Diponegoro tak sedikit pun gentar ketika ia ditangkap.

1771 - Raden Saleh - Penangkapan Diponegoro
1771 – Raden Saleh – Penangkapan Diponegoro

Selain lukisan Pangeran Diponegoro masih banyak lukisan masterpice dari seniman lokal dan juga luar negeri yang mana beberapa diantaranya mempunyai cerita mistis dibalik lukisan tersebut. Setidaknya ada dua lukisan yang menurut penuturan penjaga Galeri Nasional ketika mereka melakukan ronda malam menjadi bikin bulu kuduk merinding.

Sebuah lukisan karya Sudjojono yang diberi judul Di Depan Kelambu Terbuka menurut cerita selain memang ekspresi dari gadis yang ada dilukisan itu sangat hidup, maka juga ada kisah dimana mata dari sang gadis akan menyala merah di tengah malam ketika sudah tidak ada pengunjung yang melihat lukisan ini.

1771 - Sudjojono - Di Depan Kelambu Terbuka
1771 – Sudjojono – Di Depan Kelambu Terbuka

Sedangkan lukisan lain yang mempunyai kisah mistis adalah lukisan karya Diego Rivera yang menggambarkan seorang wanita berpakaian Melayu yang membawa bunga. Secara artistik memang saya akui lukisan ini sangat indah dengan detail yang ada. Tapi berdasarkan kisah dari para penjaga malam, lukisan ini akan terlihat tersenyum lebih lebar di tengah malam.

1771 - Diego Rivera - Gadis Melayu Dengan Bunga
1771 – Diego Rivera – Gadis Melayu Dengan Bunga

Tak perlu takut rasanya buat kita untuk menikmati keindahan dari lukisan-lukisan yang dipamerkan di Pameran Lukisan 17|71 yang berlangsung sampai dengan 31 Agustus 2016. Yang pasti kita akan terpesona dengan teknik dan detail dari lukisan-lukisan terbaik koleksi istana negara Indonesia ini. Salah satunya bahkan ada yang langsung dilukis oleh Bung Karno yang sampai saat ini menyisakan pertanyaan akan sosok misterius Rini yang dilukis di lukisan tersebut.

1771 - Soekarno - Rini
1771 – Soekarno – Rini

Pameran Lukisan 17|71 memang tidaklah lama dan akan segera berakhir namun pengalaman menikmati lukisan-lukisan masterpiece koleksi yang bahkan kemungkinan tidak akan lagi dipamerka untuk umum adalah luar biasa. Jadi, saya sarankan untuk para pembaca meluangkan waktu untuk mendatangi pameran ini sebelum menyesal jika pameran lukisan serupa tidak bakal diadakan dalam waktu dekat.

 

Informasi Penting:

Galeri Nasional Indonesia
Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110, Indonesia

1771 – Sejarah Negeri Dalam Lukisan Tangan Berseni

One thought on “1771 – Sejarah Negeri Dalam Lukisan Tangan Berseni

  • August 31, 2016 at 2:53 am
    Permalink

    Wih, baru tau ternyata Bung Karno juga pandai melukis ya, kirain cuma penyuka seni aja..

    Reply

Leave Your Commentary

Translate »