Travelling Singapore 2017
Featured

2017 – Sebuah Harmoni Keseimbangan

Travelling Singapore 2017
Travelling Singapore 2017

Jakarta, 26 Dec 2017 – Hampir penghujung tahun sudah dan tahun pun akan segera berganti. Kehidupan kembali bergulir dan kenangan tahun ini akan berlalu. Sebagian kenangan akan tetap ada tapi kenangan lain akan dilupakan sebagai sebuah bagian kehidupan; pembelajaran untuk melanjutkan hidup di dunia. Bukan untuk menjadi lebih pandai dari orang lain, tapi pembelajaran agar menjadi lebih bijak dan mengejawantahkan nilai dari kisah yang ada di tahun 2017. Bukan untuk ditelantarkan, tapi untuk dirangkul sebagai sebuah jalan hidup yang telah kita jalani di tahun yang luar biasa ini. Tahun 2017 menjadi sebuah tahun yang luar biasa buat saya. Segala kejadian baik itu positif maupun negatif, baik itu menyenangkan maupun tidak, kehilangan orang yang disayangi dan kehidupan yang lain. Sebuah harmoni keseimbangan yang telah ditentukan oleh Dia yang memiliki hidup. Dan kita manusia pada akhirnya dalam perenungan akhir akan menyatakan syukur atas apa yang terjadi di tahun ini dan mengingat bahwa jantung ini masih berdetak, paru-paru ini masih terisi udara dan ternyata kita masih hidup di dunia.

Australia 2017
Australia 2017

Menjelajah Kehidupan

Di tahun ini, saya dan keluarga berkesempatan mengunjungi keluarga yang tinggal di negeri seberang. Perjalanan ini membawa saya berada di belahan benua baru yang pernah saya kunjungi, Australia. Sebuah dataran luas di tenggara negara Indonesia dengan berbagai pesonanya. Australia sepengertian saya telah menjadi sebuah harapan bagi banyak orang dan memikat hati banyak persona untuk tinggal lebih lama disana. Dengan udara yang bersih dan detak kehidupan yang mungkin lebih lambat dari pada kota besar di beberapa negara termasuk Indonesia rasanya telah menjadi silent value dari Australia.

Meskipun saya di tahun ini baru mengunjungi satu negara bagian Victoria, tepatnya malah satu kota yaitu Melbourne; saya dapat merasakan alasan kenapa banyak orang yang tertarik untuk tinggal di negeri ini. Berbeda memang pesonanya dengan Indonesia dimana keteraturan hidup mengatur sisi kehidupan di Australia. Namun, bagaimanapun sampai saat ini Indonesia dengan segala kesemrawutannya masih menjadi pilihan saya untuk tinggal. Pesona negara Indonesia rasanya belum terkalahkan dengan alam yang begitu indah, keberagaman yang dimiliki negara ini sejak lama dan keramahan serta kepedulian orang kepada orang lain telah menyihir saya untuk selalu mencintai tanah air beta.

Dimanapun kehidupan yang kita jalani, janganlah pernah untuk berhenti untuk menjelajahinya. Tidak harus pergi ke tempat yang jauh pastinya, terkadang sesuatu yang dekat dengan kehidupan kita pun bisa membuat sebuah penjelajahan baru bagi kita. Sebuah kehidupan baru misal, satu hal yang banyak pasangan dalam hidup ini nantikan, pastinya akan mengubah banyak hal di dalam keseharian kita. Kerepotan dalam memelihara kehidupan baru ini bercampur indah dengan tawa sang anak yang mengubah segala lelah menjadi sebuah kebahagiaan hidup.

Welcoming new niece
Welcoming new niece

Keseimbangan kehidupan selalu ada, kebahagiaan terkadang juga larut dengan sebuah kesedihan yang besar. Kehilangan seorang yang amat sangat dicintai di tahun ini saya rasakan sungguh ketika Nenek tercinta kembali kepada Pencipta. Sebuah figur yang menjadi panutan akan apa yang namanya cinta dan kepedulian sudah tiada lagi di tahun ini. Nenek yang telah mengasuh saya sejak bayi dimana karena pre-klamsia maka sering sekali sakit dan harus dibawa ke rumah sakit yang berada di Jogjakarta. Satu kali dia pernah mengisahkan bagaimana dia harus menggendong saya ke Jogjakarta dengan berdiri dalam bus umum dan tidak ada orang yang memberi tempat duduk. Sebuah potongan hidup yang mungkin saya belum mampu mengingatnya sebagai seorang manusia yang masih berumur kurang dari lima tahun.

Kisah cinta Nenek yang pastinya menjadikan penjelajahan hidup ini makin berharga dengan hangatnya kasih yang dibagikannya kepada seluruh keluarga. Hal lain yang diajarkannya adalah bagaimana berbagi dalam kecukupan dengan lingkungan sekitarnya. Masih terpatri dalam ingatan bagaimana Nenek menjadi sebuah kumparan energi bagi beberapa pedagang keliling di kota Klaten yang terkadang justru memaksa untuk membeli barang yang mereka jual. Sedikit banyak berhentinya detak jantung Nenek akan membuat mereka kehilangan meskipun tidak sebesar kehilangan dari keluarga yang mendampingi hari-hari terakhir Nenek yang menderita komplikasi sakit penyakit.

We love you...
We love you…

Sekelebat saya masih mengingat momen dimana saya melakukan video conference terakhir dengan Nenek. Tidak cukup lama memang tapi sangat berharga dimana ketika itu Nenek masih mengingat saya sebagai salah satu anak bukan cucunya. Kesalahan ingatan yang justru entah kenapa menjadi sebuah kebahagiaan diingat sebagai anaknya. Ingatan yang makin pudar di saat-saat akhir hidupnya namun lambaian tangannya untuk terakhir kali saya abadikan dalam gambaran yang kabur di layar ponsel.

See you later
See you later

Raih Kesempatan!

Di satu kehidupan yang lain, saya adalah seorang karyawan dari perusahaan di bilangan Sudirman, Jakarta. Sebuah kehidupan yang dijalani untuk menyambung hidup; kehidupan untuk menjaga dapur masih ngebul; kehidupan bekerja yang baru di tahun 2017 ini. Tahun ini saya berkesempatan untuk bekerja di kantor yang baru. Kebanyakan pastinya karena tawaran benefit yang lebih baik, tapi ada bagian dimana saya merasa kepindahan saya akan lebih baik bagi kisah karir saya dan juga bagi refreshment di perusahaan dimana saya bekerja selama hampir lima tahun.

Peluang baru dalam karir kali ini rasanya sebuah pembelajaran berharga bagi saya. Pembelajaran bagaimana untuk mempunyai komitmen dengan apa yang telah kita putuskan, pembelajaran untuk mengingat jika kita bekerja dengan baik maka ada kesempatan yang muncul, pembelajaran bagaimana penempaan diri dalam bekerja akan membuat kita menjadi lebih siap di tingkatan karir yang selanjutnya.

Dan pasti kenangan di perusahaan yang kita tinggalkan menjadi sesuatu yang berharga untuk diingat dan disimpan di dalam memori kehidupan. Sebagian akan tercecer karena kapasitas otak manusia, tapi sebagian diingat sebagai bagian kehidupan di masa lalu yang berlalu dan tidak berulang. Di setiap tempat dimana saya bekerja, selalu saya menemukan apa yang namanya persahabatan. Interaksi dengan manusia yang lain dalam menjalani rutinitas kantor menjadi penting karena hal ini bisa jadi yang membuat kita mempunyai energi untuk terus bekerja dengan baik dengan dorongan semangat dari orang disekitar kita.

Persahabatan
Persahabatan

Kepindahan kali ini makin terasa beda karena saya pindah ketika saya mengalami cidera kaki kanan. Hal ini membuat saya harus menggunakan dua buah kruk untuk berjalan. Menjadi satu yang berharga buat saya dari cidera kali ini untuk selalu bersyukur. Jika sebelumnya saya dapat beraktifitas dengan bebas, maka ketika saya mengalami cidera kaki ini gerak motorik saya menjadi agak terbatas. Di hari pertama saya di gips saya cukup kelelahan untuk berjalan sekitar 10 meter ke depan. Mungkin hal ini terjadi karena saya belum tahu cara yg benar berjalan menggunakan kruk. Namun, akhirnya setelah belajar dan terbiasa, saya pun dapat menempuh lebih jauh meskipun sering kali kelelahan dan berhenti. Beruntung bagi saya ada istri yang setia mendampingi dan menjaga saya selama saya cidera. Mungkin tanpa pendampingan dan kasih sayang dari dia maka saya akan lebih sulit menjalani hidup sementara dengan satu kaki yang aktif.

Love Life
Love Life

Keep On Moving!

Jangan pernah berhenti dalam kehidupan karena dunia ini tak pernah berhenti berputar. Keluarlah dari batasan tempat kita karena dunia ini masih terlalu luas jika kita berada diam di satu tempat. Belajarlah dari kehidupan karena alam dan makluk hidup di bumi punya banyak hal yang berharga untuk dipelajari.

Pada akhirnya sebagai seorang travel blogger, saya mencoba untuk berwisata ditengah kesibukan sehari-hari. Berwisata tidak harus selalu jauh tapi berwisata di dalam kota dimana kita tinggal pun sering menolong kita melepas kepenatan atau justru kita mendapatkan suatu hal yang baru yang dapat kita pelajari. Jangan pernah penjarakan jiwa, tubuh dan pikiran!

Melbourne Old Gaol
Melbourne Old Gaol

Semoga di tahun 2018, kita selalu mendapat pengalaman yang baru dan kasih sayang dari orang di sekitar kita karena hal itulah yang membuat hidup kita lebih hidup. Losta Masta!

It is us at Punggol Waterway Park
It is us at Punggol Waterway Park

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *