Nanamia Pizzeria Resto
Nanamia Pizzeria Resto

Berkunjung ke Jogjakarta menjadi kurang pas jika tidak mengicip beberapa makanan enak di kota Jogja. Beberapa mungkin yang terkenal adalah gudeg Jogja yang pasti menjadi tujuan wisata jika kita pertama kali berkunjung ke Jogjakarta atau juga ada Soto Kadipiro yang rasanya lezat sekali dan dapat kita temui di beberapa lokasi di kota ini. Namun, kali ini saya akan membahas beberapa alternatif makanan yang ada di Jogja yang rasanya tidak kalah enak untuk dinikmati dan suasana tempat makannya yang juga enak. Berikut adalah beberapa makanan enak yang berhasil saya rasakan di liburan akhir tahun 2015 kemarin.

Membahas makanan enak di Jogjakarta maka kita tidak bisa mengesampingkan sebuah daerah yang biasanya jarang menjadi tujuan wisata kuliner karena letaknya yang berada di selatan kota Jogja yaitu kawasan Tirtodipuran dan Prawirotaman. Di lokasi ini ada beberapa makanan enak yang patut kita coba.

1. Nanamia Pizzeria Restaurant

Berbekal dari rekomendasi dari teman sesama blogger maka pada liburan akhir tahun kali ini saya mencoba mengunjungi Nanamia Restaurant yang terletak di Jalan Tirtodipuran No. 1, Jogjakarta. Dengan aneka pilihan hidangan ala Italia mulai dari pasta, pizza dan aneka side dish ala negara Italia bisa kita nikmati disini. Sedangkan untuk suasana restonya sendiri sangat nyaman dengan area outdoor yang sangat cocok untuk makan malam dan juga ada area indoor yang menjadi pilihan ketika hari sedang terik atau hujan.

Nanamia Pizzeria Inside
Nanamia Pizzeria Inside

Slogan “Traditional Pizza for Modern People” menjadi satu yang pas karena pizza yang dihidangkan di Nanamia Pizzeria memang dipanggang di dalam tungku  yang membuat panas yang dihasilkan merata di seluruh permukaan adonan pizza.

Di Nanamia Pizzeria sendiri ada banyak sekali pilihan pizza lengkap dengan keterangan dari bumbu dan bahan makanan yang ada di setiap pilihan. Kali ini saya mencoba 2 jenis pizza yang rasanya sama-sama enak dan lezat buat disantap. Yang pertama adalah Pizza Quatro Formaggi (IDR 58ribu untuk regular) dengan 4 campuran keju yang pas berpadu dengan saus tomat yang membuat pizza ini menurut pelayan adalah yang paling banyak dipesan. Sedangkan Pizza Quatro Stagioni (IDR 58ribu untuk regular) menjadi pilihan yang pas untuk menemani Pizza Quatro Formaggi di siang hari itu. Dengan paduan yang lengkap dari mulai mozzarella, jamur, paprika sampai tambahan potongan daging sapi membuat Pizza Quatro Stagioni jadi santapan yang lezat dengan aneka olahan lengkap untuk dinikmati sebagai makan siang saya.

Sedangkan untuk minuman kami memilih fresh mango juice (IDR 19ribu), Oreo Milkshake (IDR 22ribu) dan Limontazera yaitu minuman berupa campuran jeruk limun dengan mint (IDR 22ribu).

Nanamia Pizza
Nanamia Pizza

2. Poka Ribs

Kawasan Prawirotaman dan Tirtodipuran adalah sebuah kawasan dimana banyak orang barat menjadikan kawasan ini menjadi pilihan untuk tempat tinggal selama di Jogja. Oleh karena itu, tak heran jika juga ada pilihan makanan non halal yang ada di kawasan ini. Salah satunya adalah Poka Ribs Resto yang juga ada di Jakarta.

Poka Ribs resto menghidangkan 3 pilihan bumbu untuk olahan iga bakar babi yaitu bumbu BBQ, bumbu Bali dan POKA (agak manis) dimana kali ini kami mencoba… semua pilihan bumbu tersebut. Dan rasanya memang enak sekali. Daging yang empuk ketika dimakan terasa begitu enak dipadu dengan aneka pilihan bumbu yang membuat makan malam kali ini terasa puas sekali untuk menikmati hidangan yang ada. Ditemani dengan aneka pilihan bir dari merk lokal dan internasional, makan malam iga babi menjadi lebih lengkap.

Resto Poka Ribs yang terletak di Jalan Prawirotaman ini memang tidak banyak memiliki lahan parkir sendiri, namun jangan kawatir disana ada beberapa petugas parkir yang siap membantu kita untuk mengarahkan ke tempat parkir yang letaknya tidak terlalu jauh.

Pork Ribs
Pork Ribs
Poka Ribs
Poka Ribs
Poka Ribs Resto
Poka Ribs Resto

Berpindah ke tengah kota Jogja, maka ada sebuah resto otentik yang sudah lama menjadi pilihan utama dari sejak saya kecil.

3. Tio Ciu Resto

Resto yang terletak di Jalan Solo ini *jangan heran ada Jalan Solo di kota Jogja…hehe… sangat mudah ditemukan karena letaknya yang tepat berada di samping jembatan Kali Code yang terkenal seantero kota Jogja.

Resto yang menghidangkan hidangan chinese food ini masuk ke kategori halal menurut saya karena ada beberapa orang yang berhijab juga menikmati makanan yang ada di resto ini. Jadi, kita tidak perlu ragu lagi untuk mengunjungi resto ini ketika berapa di Jogja.

Dengan aneka pilihan makanan berkuah yang disajikan diatas hot plate yang sangat lezat disantap ketika masih panas, sampai dengan pilihan makanan semacam cap cay, aneka goreng tepung (cumi/udang/ayam) sampai dengan sapi lada hitam dengan saus dengan rasa yang berani membuat selera makan kita menjadi memuncak. *halah apa coba istilahnya memuncak…

Tio Ciu
Tio Ciu

Menuju ke utara kota Jogja, terdapat resto yang baru pertama kali saya kunjungi dan dijamin tidak kecewa setelah merasakan makanan yang dihidangkan. Resto ini  bernama:

4. Iga Sapi Bali

Resto ini tepatnya terletak di Jl. Umbul Permai, Sariharjo, Ngaglik yang ternyata menjadi sebuah kawasan kuliner baru di utara kota Jogja. Dengan nama resto Iga Sapi Bali maka tentunya saya mencoba menu iga sapi dengan bumbu Bali yang terbukti tidak akan mengecewakan sama sekali buat orang yang menikmatinya.

Dari segi bumbu, menurut saya rasanya sangat terasa nuansa Bali *entah kenapa mungkin karena rempah yang dipakai… dan daging sapinya sendiri lembut dan tidak alot ketika dimakan. Dari sisi harga untuk iga sapi ukuran kecil di banderol dengan harga IDR 35ribu sedangkan yang berukuran besar dibanderol dengan harga IDR 50ribu.

Menjadi pilihan yang pas jika kita membawa keluarga besar ke tempat ini karena tempatnya cukup luas dan fleksibel untuk meja-meja yang ada dijadikan satu baris.

Sup Iga Sapi
Sup Iga Sapi
Iga Sapi Bumbu Bali
Iga Sapi Bumbu Bali

Resto yang terakhir sudah beberapa kali saya bahas di tulisan saya karena memang resto ini memiliki suasana yang paling nyaman yang pernah saya kunjungi.

5. Boukenhof Resto

Terletak di kawasan wisata lereng gunung Merapi Jogjakarta tepatnya di daerah Kaliurang, saya rasanya tidak perlu membahas panjang dan lebar. Silahkan menikmati beberapa foto dari Resto yang terletak tepat dibelakang museum terbaik di Indonesia yaitu Ullen Sentalu.

Inside Boukenhof
Inside Boukenhof
Boukenhof Resto
Boukenhof Resto
5 Makanan Enak di Jogjakarta
Tagged on:                                             

7 thoughts on “5 Makanan Enak di Jogjakarta

  • January 24, 2016 at 2:46 pm
    Permalink

    Dan jangan heran juga kalo ada Depok di Sleman hehhee
    Btw Iga Sapi Bali dulu pernah nyobain ayam betutunya tapi rasanya failed. Ya mending pesen iganya sih. Ada lagi yg enak Iga Sapi Jakal..

    Reply
    • January 25, 2016 at 1:57 pm
      Permalink

      Hehe… Depoknya di Jogja…iya kalau ayam betutu nurut gw belum ada yang kalahin ayam betutu gilimanuk… 🙂 next time kayanya kudu coba yang di Jakal… 🙂

      Reply
  • April 30, 2017 at 12:28 pm
    Permalink

    Resto tio ciunya sudah puluhan tahun ya. Salam.

    Reply
    • April 30, 2017 at 1:50 pm
      Permalink

      Iya dah lama banget itu

      Reply

Leave Your Commentary

Translate »