Museum Bank Mandiri
Museum Bank Mandiri

Museum buat saya merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik. Selain bisa belajar sejarah dari koleksi yang ada, sering kali kita akan terpesona dengan keindahan koleksi yang dimiliki ataupun dengan keindahan bangunan museum itu sendiri. Berikut ini adalah top list 5 museum di Indonesia versi saya:

1. Ullen Sentalu

ullen-sentalu
ullen-sentalu

So far, museum yang terletak di daerah Kaliurang, Jogjakarta ini adalah yang terbaik buat saya. Dari mulai konsep, koleksi dan perawatannya sangatlah baik.

Meskipun biaya yang harus kita keluarkan cukup lumayan untuk per orangnya, namun dapat saya jamin Anda akan puas mendengarkan penjelasan dari tour guide yang mengkisahkan sejarah para putri kraton Jogjakarta. Dan jika Anda ingin menikmati makanan dan minuman dengan suasana kafe yang otentik dan luxurious maka Anda bisa mencoba ke kafe Boukenhoff.

Sedangkan, jika Anda ingin berbelanja busana atau souvenir dengan kualitas premium maka ada juga toko souvenir dikawasan museum ini. Namun, untuk harganya cukup mahal.

2. Museum Nasional

Bicara museum di Indonesia, tentu tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Museum Nasional atau biasa dikenal dengan Museum Gajah. Dan menurut saya inilah museum di Indonesia yang paling lengkap secara koleksi. Berbagai barang koleksi dari Sabang sampai dengan Merauke ada disini.

Beberapa barang juga merupakan barang peninggalan masa lampau yang sangat berharga sampai disebut dengan sebutan koleksi harta karun. Keindahan mahkota dari emas, perhiasan dari batu mulia dan juga ada pula beberapa keramik asal negeri Cina yang masih tersimpan baik dapat kita nikmati di museum yang terletak di seberang Tugu Monas.

inside-gedung-gadjah
inside-gedung-gadjah

Di era modern ini, dapat kita lihat Museum Nasional terus berbenah agar menjadi salah satu museum terbaik di dunia. Bagi Anda rasanya sangat saya sarankan untuk berkunjung ke museum ini

3. Museum Bank Indonesia

Terus terang awalnya saya agak meremehkan Museum Bank Indonesia ini. Namun, ternyata museum yang terletak di daerah Kota Tua Jakarta ini sangat mempesona. Selain sangat modern dalam penataan. Konsep museum ini sangat bagus dengan alur yang mengisahkan perjalanan Bank Indonesia. Kita juga bisa melihat transformasi logo Bank Indonesia dari masa ke masa.

Selain itu di museum ini juga terdapat sebuah ruangan yang berisi setumpuk emas batangan yang dikelilingi kaca pelindung. Kita juga bisa mencoba simulasi emas batangan yang harus diangkat dengan dua tangan karena berat.

Hal menarik lainnya adalah mengunjungi ruangan yang berisi koleksi uang kertas maupun logam lama dari beberapa negara. Disini juga terdapat uang kuno berukuran mini yang harus dilihat melalui kaca pembesar.

Secara bangunan sendiri museum ini boleh dibilang sangatlah besar dan dirawat dengan baik. Menjadi sebuah rekomendasi untuk bepergian dengan keluarga karena selain menambah pengetahuan, kita juga dapat menikmati modernisasi dan keindahan bangunan museum.

4. Museum Fatahillah

Museum yang kini disebut juga Museum Sejarah Jakarta terus berbenah. Pada terakhir kunjungan saya ke museum ini, pihak pengelola sedang melakukan renovasi dan sebagian besar koleksinya sedang disimpan. Sesungguhnya koleksi dari museum ini sangatlah menarik, dari koleksi senjata sampai beberapa furniture klasik berukuran besar dengan detail yang mempesona dapat kita nikmati. Lukisan besar tentang perang di masa kerajaan Mataram yang terpampang di dekat pintu masuk museum memperlihatkan sejarah panjang bangsa ini.

museum-fatahillah
museum-fatahillah

5. Museum Purna Bakti Pertiwi

Museum yang tergolong baru dibandingkan dengan museum yang disebutkan diatas bagaimanapun telah mencuri perhatian dengan bermacam-macam koleksi yang indah, mewah dan mahal.

Museum yang berisikan barang koleksi pribadi keluarga mantan presiden Soeharto ini memperlihatkan bagaimana tangan manusia dapat menghasilkan begitu banyak barang yang indah dan kreatif. Disini kita dapat melihat berbagai macam keindahan barang terbuat dari kristal, batu giok sampai dengan tembaga.

Sudah semestinya museum ini dilestarikan sebagai sebuah bagian dari sejarah bangsa Indonesia. Beberapa bagian Museum Purna Bakti saat ini sudah rusak dan atapnya bocor. Sungguh sangat disayangkan karena museum ini seharusnya juga merupakan sebuah tempat untuk mengenang sosok ibu negara yang berdedikasi melestarikan budaya Indonesia melalui pembangunan Taman Mini Indonesia Indah yaitu Ibu Tien Soeharto.

5 Museum Terbaik di Indonesia

3 thoughts on “5 Museum Terbaik di Indonesia

Leave Your Commentary

Translate »