Saya adalah orang yang tidak percaya jika ada traveller yang bilang kalau dia tidak perlu perencanaan ketika sedang dolan ke satu tempat apalagi tempat asing yang baru kali pertama di datangi. Getting lost saat travelling memang seru dan saya pun juga suka getting lost yang terkadang berujung pada menemukan tempat baru yang jarang dikunjungi turis pada umumnya.

Pernah ketika saya dan rombongan akan berangkat dari Pattaya ke Bangkok, kami bingung akan makan siang dimana akhirnya kami makan disebuah restoran Italia yang sederhana namun ternyata rasa makanannya otentik Italia banget. Resto yang bernama Valentino Italian Thai ini pemiliknya asli orang Italia yang sudah lama tinggal di Pattaya. Sambutan yang ramah dari sang pemilik akhirnya berujung ke berbagi kisah bagaimana dia akhirnya memutuskan tinggal di Pattaya dan mengelola guest house yang berada dalam satu area dengan resto tersebut.

Pengalaman lain yang pernah saya alami adalah ketika berada di Seoul, Korea. Waktu itu saya menginap di sebuah hotel yang berdekatan dengan Seoul Station, sebuah stasiun kereta bawah tanah di pusat kota Seoul. Pada hari sebelumnya, tour guide kami menginformasikan bahwa di Seoul Station ketika malam hari akan dipenuhi oleh para pengemis yang tidur di sepanjang lorong stasiun. Malam itu kami habis berbelanja di daerah Myeong Dong dan berhubung hujan terus turun saya memutuskan untuk naik kereta bawah tanah yang pintu masuknya tidak jauh dari area Myeong Dong. Kereta bawah tanah yang akan kami pakai akan langsung mengantarkan kami ke Seoul Station yang hanya berjarak 200 meter dari hotel tempat kami menginap. Namun, berhubung kurangnya informasi saat itu maka kami baru tahu jika jarak menuju stasiun kereta bawah tanahnya sangat jauh. Akhirnya kami pun naik kereta bawah tanah dan turun di Seoul Station. Dan benar saja ketika menuju ke pintu keluar stasiun, maka kami melihat banyak sekali pengemis yang tidur di sepanjang lorong stasiun dengan beralaskan koran atau tikar. Pengalaman yang tidak akan dilupakan melihat sisi lain kota Seoul yang sudah sangat maju.

Marina Barrage
Marina Barrage

Bepergian tanpa adanya rencana berarti kita membatasi diri kita untuk bepergian tanpa menggubris informasi yang terkadang penting untuk diketahui oleh kita. Seperti yang saya kisahkan diatas, mungkin dengan informasi yang lebih banyak maka kami tidak perlu membuang waktu berjalan cukup jauh menuju stasiun kereta bawah tanah di area Myeong Dong.

Ada juga pengalaman ketika berkunjung ke Singapura tepatnya ke Marina Barrage untuk pertama kalinya. Setelah puas melihat Marina Barrage dan beristirahat di rooftop Marina Barrage yang memiliki pemandangan yang luar biasa indah, kala itu saya dan istri ingin ke Garden By The Bay. Berhubung belum tahu kalau ada jalan tembus di bagian belakang Marina Barrage untuk ke Garden By The Bay maka saya menggunakan bus umum dimana kami berhenti di pemberhentian kedua yang jaraknya cukup dekat dengan halte Marina Barrage. Pada kunjungan yang berikutnya akhirnya kami tahu ada jalan tembus yang dapat kami tempuh tanpa harus mengeluarkan uang untuk menggunakan bus umum.

Sama seperti kehidupan sehari-hari, seseorang membutuhkan rencana ketika akan pergi ke suatu tempat. Biasanya saya akan mencari pertama kali adalah tempat makan yang otentik dan enak di tempat itu dimana saja… hehe… selanjutnya akan saya cari tips perjalanan, do and don’t di tempat tersebut, tempat wisata apa saja yang ada disana dan yang terpenting angkutan umum yang akan dipakai baik menuju atau kembali dari suatu tempat yang baru. Buat saya pribadi walaupun saya sudah mengenal daerah tersebut biasanya saya akan tetap mencari informasi terbaru karena barangkali ada tempat tujuan baru yang asik buat dikunjungi. Seperti ketika saya secara rutin pulang ke Kota Klaten di Jawa Tengah, saya akan mencari di internet ada tempat makan baru apa atau ada tempat wisata yang baru hits saat saya datang.

Namun, tentunya kita tidak boleh kaku dan sangat detil mencari informasi mengenai satu tempat karena akan membuat kita ‘sudah tahu’ akan tempat itu. Kita seakan sudah ‘tahu’ dimana ada apa di tempat itu yang akhirnya bukan lagi menjadi ‘surprise’ ketika kita berada disana.

Jadi rencanakan baik-baik ketika kita akan bepergian. Cukup informasi akan menolong kita untuk lebih menikmati perjalanan kita. Persiapan yang cukup dan tidak berlebihan akan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan yang terpenting jangan menjadi sombong ketika kita terbiasa getting lost karena kadang ketika getting lost sebenarnya kita terlalu jauh tersesat dan akhirnya melewatkan beberapa hal yang harusnya bisa kita lihat.

Dan sama seperti perencanaan perjalanan, maka kehidupan sehari-hari juga butuh sedikit rencana agar kita at least tidak terlalu tersesat ketika harus getting lost di kehidupan sehari-hari… *tinggi amat ya bahasa gw… minum obat dulu ah… mungkin otak lagi bener kali ini… hahaha… Enjoy your itinerary…

[Backpack Series – Part 2] Setiap Perjalanan Pasti Ada Sedikit Rencana
Tagged on:

Leave Your Commentary

Translate »