Conversation
Conversation
Terkadang waktu dolan hal yang menarik adalah ketika kita bisa ngobrol ama orang yang kita jumpai.

Seperti saat dolan ke Kota Kinabalu, disaat perjalanan pulang saya bertemu dengan warga Indonesia yang bekerja di Kota Kinabalu.

“Dari Jawa, Mas?” sapa mas-mas dengan penampakan sederhana, polos dan lugu. Rasanya dia berani menyapa setelah mendengar saya yang masih berlogat Jawa kental meskipun udah lebih dari 10 tahun tinggal di Jakarta.

“Iya… mas dari mana?”

“Pemalang mas”

“Ooo… saya dari Klaten” perkenalan singkat saya. Untung otak masih lempeng, biasanya suka iseng saya dari Claytown, city of light alias Klaten Bersinar ; BERsih Sehat INdah Aman dan Rapi… hehe

Pembicaraan pun akhirnya berlanjut nanya-nanya tentang dia kerja apa di Kota Kinabalu dan wawancara kalau di Kota Kinabalu enaknya kemana aja.

Ternyata baru tahu kalau disekitaran Kota Kinabalu banyak tempat yang bagus seperti Ranau dan Kundasang. Dengan udara dingin pegunungan *menurut si mas hitam yang ga manis hehe dan pemandangan yang ternyata keren kalau liat dari Google.

Kota Kinabalu - City By The Sea
Kota Kinabalu – City By The Sea
“Harusnya kesana mas. Karena kalau di KK *sebutan buat Kota Kinabalu … ga banyak yang bisa dilihat”

“Berapa lama mas kesana?”

“2 jam-lah”

“Ooo lama juga ya… mungkin lain kali ya mas” kata saya. Ternyata ke KK ga cukup kalo 2 hari aja.

Pembicaraan pun berlanjut tentang makanan sehari-hari di KK.

“Disini biasa kalau makanan sehari-hari apa mas?”

“Kebanyakan yang ber-kari gitu mas kalau disini. Tapi disini ada juga yang jualan masakan Indon *sebutan warga di KK untuk menyebut segala yang berasal dari Indonesia … tapi laris banget”

“Ooo ternyata banyak yang suka ya masakan Indonesia”

“Woo… iya mas… banyak yang suka… ini aja bosku nitip buat dibeliin krupuk”

??? *krupuuukk ???!!! :p

“Aku disangoni *dikasi uang… 300 ribu uang Indonesia mas buat beli krupuk…”

Hahaha….. dapet sekarung bisa bisa krupuknya

Singkat kata akhirnya dari pembicaraan itu saya lebih kenal Kota Kinabalu dimana di beberapa tempat cukup rawan kejahatan, seperti di area pasar Filipina dan di daerah Kampung Aer yang ternyata adalah lokalisasi di KK.

Di jaman sekarang kadang hal yang lebih sulit dilakukan adalah komunikasi langsung antar individu karena kadang kita lebih asik komunikasi lewat social media atau chatting.

Tapi buat saya kadang salah satu daya tarik saat berkunjung ke sebuah tempat apalagi tempat yang baru pertama kali kita kunjungi adalah ketika bisa berdialog dengan warga lokal dan mengerti keseharian warga.

Dia-Lo-Gue

Leave Your Commentary

Translate »