Green Canyon
Green Canyon
Ngga perlu jauh-jauh kok buat ngerasain wisata yang menantang, seru, memacu adrenalin tapi memiliki pemandangan yang indah luar biasa. Cukup kita pergi ke daerah Pangandaran yang terletak di bagian selatan Jawa Barat. Tepatnya ke Cukang Taneuh (Jembatan Tanah) atau yang lebih dikenal dengan Green Canyon yang konon sebutan dari seorang turis berkebangsaan Amerika yang akhirnya membuat tempat ini terkenal sampai ke luar negeri.

Green Canyon sebenarnya adalah sebuah aliran sungai  yang melewati daerah Pangandaran menuju ke laut selatan Jawa. Yang membuat lembah (atau dalam bahasa inggris disebut canyon) ini menjadi terkenal adalah kombinasi keindahan aliran air sungai yang berwarna hijau dengan tebing bebatuan tinggi yang berada di sisi kanan dan kiri dari sungai ini. Green Canyon seolah-olah telah menjadi versi mini dari Grand Canyon yang berada di benua Amerika.

Cukang Taneuh
Cukang Taneuh
Green Canyon sendiri saat ini telah dimanfaatkan oleh penduduk sekitar menjadi sebuah daya tarik wisata yang mendatangkan pendapatan bagi masyarakat. Warga menyediakan beberapa paket eksplorasi Green Canyon. Dari mulai yang paling murah hanya naik kapal sampai ke ‘pintu gerbang’ yang dulu disebut Cukang Taneuh (atau Jembatan Tanah) yang menghubungkan dua kecamatan sampai dengan pilihan eksplorasi berupa body rafting menyusuri Green Canyon. Untuk paket wisata naik kapal saja dikenakan biaya Rp 150ribu/kapal (maks. 5 orang), sedangkan untuk semi body rafting (naik kapal sampe Cukang Taneuh dilanjut berenang dengan pelampung) dimana kita bisa loncat dari Batu Jamur (batu berbentuk jamur setinggi sekitar 5 meter) terjun langsung ke sungai yang dalamnya mungkin sekitar 3 meter. Namun, yang paling menantang adalah paket full body rafting dimana kita akan menyusuri sungai termasuk naik turun bebatuan besar selama 4 jam. Ya 4 jam… *gempor gempor dah itu… Hehe. Tapi jujur pemandangan sepanjang kita body rafting sangat bagus. Dengan banyaknya tetesan air yang keluar dari sela-sela tebing, menjadikan seakan-akan ada hujan abadi di sepanjang Green Canyon.

Biasanya paket eksplorasi Green Canyon sudah termasuk sekali makan besar. *mungkin biar mengganti tenaga yang sudah terbuang ya… Hehe. Tapi makanan yang dihidangkan adalah makanan rumahan *tapi lumayan sih rasanya.

O ya pesan saya jika kalian berwisata ke Green Canyon adalah jangan datang terlalu siang atau datang waktu musim penghujan. Jangan terlalu siang karena jika hari sudah senja tidak ada penerangan di sepanjang Green Canyon. Dan jangan musim penghujan karena airnya akan keruh. Satu hal yang pasti jika kita mengambil full body rafting maka ketika kita udah berada di tengah perjalanan maka tidak ada jalan pintas lain selain kita menyelesaikan perjalanan menyusuri sungai. Sungguh menjadi sebuah tantangan tersendiri jika kita memutuskan untuk menyusuri Green Canyon dengan body rafting.

Seperti wisata alam lain di Indonesia, Green Canyon sungguh sangat indah. Kita patut bersyukur ke Yang Maha Kuasa karena Indonesia dilimpahi dengan alam yang begitu mempesona.

Green Canyon Pangandaran – Liburan Seru Di Selatan Jawa Barat

3 thoughts on “Green Canyon Pangandaran – Liburan Seru Di Selatan Jawa Barat

Leave Your Commentary

Translate »