Kota Kinabalu From Signal Hill
Kota Kinabalu From Signal Hill

Sabah, Malaysia – sebuah wilayah yang terletak di Malaysia bagian Timur. Letaknya yang berada di Borneo (atau dikenal juga dengan nama Kalimantan) membuat wilayah ini mewarisi keragaman hayati yang cukup beragam mulai dari hutan hujan tropis, deretan gunung yang indah sampai dengan kekayaan laut yang begitu beragam.

Di wilayah Sabah terdapat beberapa kota yang saat ini menjadi kota tujuan wisata. Salah satu kota yang terkenal adalah Kota Kinabalu, ibukota wilayah Sabah. Kota Kinabalu adalah kota di tepi Laut Cina Selatan yang terkenal dengan hasil laut yang segar karena dijual tak lama setelah ditangkap dari lepas pantai Kota Kinabalu. Selain itu, kita akan melihat geliat pembangunan kota ini untuk menjadi salah satu kota besar negara Malaysia menghadapi modernisasi jaman.

Kota Kinabalu City
Kota Kinabalu City

1. Kota Kinabalu International Airport

Sebagai titik awal dari setiap orang yang berkunjung ke Kota Kinabalu tampaknya pemerintah disini sadar untuk terus membenahi bandara internasionalnya yaitu Kota Kinabalu International Airport (“KKIA”). Mulai dari terminal baru yang susah selesai dibangun sampai penyelesaian beberapa fasilitas penunjang.

KKIA
KKIA

– Tempat Makan di KKIA
Di KKIA ada beberapa pilihan tempat makan yang menjadi pilihan ketika kita lapar. Salah satu yang biasa direkomendasikan adalah resto cepat saji McD yang terletak di Terminal 1 lantai 2. Selain menunya adalah menu halal, resto ini memang satu-satunya resto yang buka 24 jam di KKIA saat tulisan ini dimuat.

Namun, tidak perlu khawatir karena ada pilihan resto lain seperti resto cepat saji KFC atau Starbucks yang bisa dijadikan pilihan lain untuk bersantap di KKIA.

– Tempat Menunggu di KKIA

Jadwal penerbangan dari Indonesia memang tidak banyak pilihannya. Beberapa jadwal penerbangan bahkan ada yang jam kedatangannya di pukul 1 pagi hari. Hal yang jadi penting buat kita adalah tempat untuk menunggu karena di KKIA jika sudah lewat tengah malam hanya ada angkutan taksi dengan harga berlipat dari harga normal untuk ke arah kota.

Di lantai dasar KKIA, ada banyak tempat duduk dari besi yang bisa dijadikan tempat beristirahat sambil menunggu angkutan umum bus yang jadwal pertama menuju kota yaitu pukul 8 pagi. Tips: siapkan sandaran kepala untuk tidur di kursi besi.

– Transportasi Ke/Dari Tengah Kota

Seperti yang telah saya informasikan pilihan transportasi menuju atau dari pusat kota ada beberapa yaitu bus atau taksi ataupun menyewa mobil.

Untuk bus, biaya yang harus dikeluarkan adalah RM 5 atau sekitar IDR 15ribu. Sedangkan untuk taksi di jam normal diberi harga RM 20 atau IDR 60ribu.

Jarak ke pusat kota tidaklah jauh jadi lebih baik menggunakan bus jika tidak terlalu terpaksa. Sedangkan untuk sewa mobil kebetulan saya tidak menanyakan berapa biayanya.

2. Tempat Belanja Tradisional

Kota Kinabalu adalah surga tempat belanja tradisional. Tak kurang dari 4 pasar tradisional yang terletak berdekatan untuk kita kunjungi di tengah pusat Kota Kinabalu. Mulai dari Pasar Besar Kota Kinabalu, Pasar Kraftangan, Filipino Market sampai dengan Night Food Market yang terletak di sepanjang jalan Tun Fuad Stephen dapat kita kunjungi kalau kita berada di Kota Kinabalu. Tips: Berhati-hati jika jalan-jalan di sepanjang pasar ini karena cukup rawan kejahatan.

Night Food Market
Night Food Market
Fruit Market
Fruit Market

Pasar Kraftangan
Pasar Kraftangan

Ada pula Gaya Street Sunday Market yang hanya buka setiap hari Minggu.

Gaya Street
Gaya Street

3. Shopping Mall

Di Kota Kinabalu juga banyak terdapat shopping mall khususnya tempat belanja dengan konsep ITC.

Mulai dari Center Point Sabah, Warisan Square dan Star City menjadi tempat bagi berbagai kios yang menjual barang dagangan mereka. Sedangkan, jika kita ingin ke tempat belanja dengan konsep mall maka kita bisa menuju ke Imago Mall atau Suria Sabah atau Oceanus Waterfront Mall.

Suria Sabah
Suria Sabah

4. Tempat Makan di Kota Kinabalu

Kota Kinabalu dapat disebut surga buat pecinta kuliner khususnya bagi mereka yang menyukai masakan khas Melayu. Berbagai pilihan resto yang menghidangkan mulai dari laksa, kaya toast sampai dengan menu non halal seperti Bak Kut Teh dan Pork Knuckle dapat kita datangi di Kota Kinabalu

– Kedai Kopi Yee Fung

Terletak di Gaya Street, menu andalan Kedai Kopi Yee Fung adalah Laksa Yee Fung yang terkenal. Cukup dengan RM 7 atau sekitar IDR 21 ribu maka kita sudah dapat menikmati menu laksa yang lezat. Sedangkan untuk minuman adalah Teh Maderas Ping seharga RM 3 atau sekitar IDR 9ribu sudah dapat memuaskan dahaga.

Yee Fung Laksa
Yee Fung Laksa

Kedai Kopi Yee Fung
Kedai Kopi Yee Fung

– Roots Cafe

Salah satu kafe yang rekomen dikunjungi karena selain rasa yang lezat juga harga yang tidak terlalu mahal adalah Roots Cafe yang terletak di Jalan Gaya. Kali pertama ke Roots Cafe saya mencoba menu: Kaya Toast, Sugar Bread, Teh C (semacam teh tarik) dan Barley Ice total dihargai RM 15 atau sekitar IDR 45ribu. Untuk tempatnya sendiri, Roots Cafe cukup nyaman seperti kafe yang ada di dalam shopping mall.

Kaya Toast
Kaya Toast

Roots Cafe
Roots Cafe

Sugar Bread
Sugar Bread

– Hard Rock Cafe Kota Kinabalu

Di Kota Kinabalu juga terdapat chain resto yang terkenal yaitu Hard Rock Cafe. Meskipun cukup diatas rata-rata dari sisi harga tapi untuk rasa ternyata sangat lezat.

Kali ini saya mencoba menu Hick BBQ Burger (RM 52) dan Seafood Char Kway Teow (RM 28) yang sangat rekomen untuk dicoba karena rasanya enak dan mengenyangkan. Untuk minum saya memilih Mangocool (RM 30) dan Connor Beer (RM 16).

Hard Rock Cafe
Hard Rock Cafe

Hard Rock Cafe - Burger
Hard Rock Cafe – Burger
Hard Rock Cafe - Char Kwey Teow
Hard Rock Cafe – Char Kwey Teow

5. Tempat Wisata di Pusat Kota

Di pusat Kota Kinabalu kita dapat mengunjungi beberapa tempat menarik seperti Atkinson Clock Tower yang masih berfungsi dengan baik seperti ketika pukul 9 pagi maka lonceng akan berdentang sebagai penunjuk waktu bagi warga Kota Kinabalu.

Atkinson Clock Tower
Atkinson Clock Tower

Tempat lain yang layak dikunjungi adalah Signal Hill Observatory Tower dimana dari tempat ini kita dapat melihat Kota Kinabalu dari atas.

Signal Hill
Signal Hill

Pada kunjungan pertama saya kali ini berhubung hanya sebentar maka saya nanya mencoba wisata disekitar pusat kota. Sebenarnya masih banyak wisata seperti wisata alam mendaki Gunung Kinabalu atau wisata pulau-pulau disekitar Kota Kinabalu. Mungkin nanti lagi jika ada kesempatan lebih lama saya akan mencoba wisata-wisata lain di Kota Kinabalu dan sekitarnya.

Jesselton Point
Jesselton Point
Food Stall
Food Stall

Itinerary Kota Kinabalu – Ibukota Negeri Di Bawah Bayu

Leave Your Commentary

Translate »