Marina Barrage
Marina Barrage
Setelah dua kali berkunjung ke negara tetangga, Singapore, ga berasa kalau mungkin udah lumayan banyak tempat tujuan pariwisata yang pernah saya kunjungi di negara singa ini. Dari yang mulai standard sampai yang mungkin masih jarang dikunjungi wisatawan Indonesia bahkan mungkin jarang dikunjungi ama orang-orang Singapore sendiri. So, saya akan coba bikinkan untuk kalian itinerary dari hari pertama dengan tempat wisata yang mungkin standard sampai tempat wisata yang mungkin jarang dikunjungi.

 

Hari 1 – Singapore Standard Tour (untuk yang pertama kali ke Singapore)

Sampai di Changi Airport/Harbour Front di pagi hari sekitar jam 9, kalau Anda akan bermalam di kota ini kalian sebaiknya menuju ke hotel/hostel tempat kalian menginap. Setelah nitip barang ke petugas hotel/hostel kalau belum boleh check-in, kalian bisa segera memulai tour standardnya Singapore. *saran saya, untuk exploring Singapore, anda membawa tas berukuran sedang (bisa tas slempang atau backpack) buat nampung botol minuman, passport dan barang-barang essential kalian*

Jujukan pertama kalian pagi hari di hari pertama adalah Chinatown. Kenapa Chinatown? Karena menurut saya disinilah kalian menemukan harga termurah souvenir khas Singapore. Tips dari saya: Jangan langsung tergoda membeli souvenir begitu Anda sampai di Chinatown. Karena di ujung jalan dari Chinatown lebih sering harga yang ditawarkan lebih murah. Cobalah melihat-lihat dahulu sampai ujung jalan dekat dengan sebuah pura umat Hindu. *namanya lupa … hehe *

Saya estimasikan kunjungan kalian di Chinatown sekitar 1 jam *tergantung kalap belanja atau tidak* waktu sudah menunjukan untuk mencari makan siang. Untuk makan siang sendiri, kalian bisa mencari di Chinatown atau jika kalian ingin move ke tempat lain, saya sarankan cobalah move ke Orchard Road. Kawasan ini adalah kawasan standard wisatawan yang baru pertama kali ke Singapore. Kata orang kalau ngga ke Orchard Road maka kita belumlah ke Singapore.

Chinatown Singapore
Chinatown Singapore
Untuk makan murah di kawasan Orchard Road, kalian bisa datang ke Lucky Plaza, kalau yang mahal ya ke ION Orchard. Setelah selesai makan siang, jangan lupa buat nyobain yang namanya es potong ala Singapore. Wajib dan kudu, karena ini salah satu kuliner khas Singapore selain chicken rice or prawn mee.

Puas jalan-jalan di Orchard Road *rasanya udah sekitar jam 3 an*, kalian bisa ke Merlion Park buat foto dengan patung Merlion yang jadi ikon negara Singapore. Di kawasan Merlion Park, sangat bisa dipastikan bagi kalian yang pertama kali pergi ke Singapore akan menghabiskan waktu buat poto-poto (dari mulai foto dengan latar belakang patung Merlion lalu Marina Bay Sands Hotel lalu Esplanade). O ya bila kalian kesini sebagian dari kalian pasti akan melewati bantaran sungai dekat Fullerton Hotel. Kalian bisa foto dengan beberapa patung yang ada di bantaran sungai itu atau foto di Cavenagh Bridge.

Marina Bay Sands Singapore
Marina Bay Sands Singapore
Setelah foto-foto di kawasan itu, saatnya kalian berpindah lagi ke tempat lain. Saran saya setelah dari tempat ini, kalian bisa menuju tempat yang namanya Clarke Quay. Asumsi saya kalian berada di tempat ini sekitar jam 4. Kalian bisa jalan-jalan ke Central atau leyeh-leyeh atau jalan-jalan di antara restoran mahal di Clarke Quay *menurut saya bener-bener mahal sih*. Di Clarke Quay, saya rasa baiknya ga lebih dari 1 jam. Kalian dari sini bisa move ke kawasan Sentosa Island.

Dari Clarke Quay, kalian bisa menuju ke Sentosa Island. Untuk menyeberang ke Sentosa Island, kalian harus menuju ke Vivocity Mall (untuk MRT Stationnya adalah Harbour Front). Anggap saja kalian sudah menyeberang. Saya rasa yang lebih cocok buat kalian di sore hari pertama ini adalah ke Siloso Beach. Kalian disana bisa foto-foto dengan tulisan Siloso yang biasanya jadi tempat wajib foto buat wisatawan yang pertama kali ke pantai ini. Untuk menuju Siloso Beach kalian biasanya akan memakai mobil khusus yang disediakan oleh pengelola dari Beach Station *gratis*. Mungkin disini kalian hanya sekitar 1/2 jam, kalian bisa move ke tempat lain.

Ada beberapa alternatif menurut saya:

1. Bila kalian hanya punya 1 hari berlibur dan pulang dengan pesawat maka kalian harus sudah mulai menuju arah Changi airport. Kalau kalian masih ada waktu kalian bisa berhenti di MRT Expo dan jalan kaki menuju Changi City Point Mall. Disini kalian bisa beli beberapa barang branded dengan harga miring. *I mean really miring a.k.a murah*

2. Bila kalian hanya punya 1 hari berlibur dan pulag melalui Harbour Front maka kalian masih bisa berkeliling di Sentosa Island macam ke Imbiah Station, S.E.A Aquarium, atau jalan0jalan di Vivo City Mall.

3. Bila kalian bermalam di Singapore maka kalian bisa berkeliling Sentosa Island ke Imbiah Station, lalu mencari makan malam di Water Front Station dan malamnya saya rekomendasikan menonton pertunjukan Song of The Sea di area Beach Station lagi.

Rekap hari pertama: Kalian udah bisa dibilang sudah ke Singapore. Kalian sudah foto dengan Merlion, sudah pernah ke Orchard Road, udah nyobain es potong dan udah ke Sentosa Island.

This slideshow requires JavaScript.

Hari ke 2 – Wisata Universal Studio or Wisata Belanja ala Singapore

Okay hari kedua di Singapore, pagi hari saya sarankan kalian menuju ke Bugis Street dahulu sebelum lanjut ke wisata berikutnya. Bugis Street sendiri sebenernya mirip kaya Chinatown tapi kata orang Bugis Street adalah tempat yang wajib dikunjungi kalau kalian ke Singapore. Namun, Bugis Street sendiri baru rame sekitar jam 10-11 siang. Bila kalian ga begitu kepengen ke Bugis Street, kalian bisa lanjut ke wisata utama di hari kedua ini. Buat saya ada dua alternatif. Yang pertama adalah Wisata di Universal Studio atau Wisata Belanja ala Singapore. Mari kita bahas satu per satu:

Wisata Universal Studio – Buat kalian yang pengin pergi ke theme park berkonsep yahud ya disinilah tempatnya. Kalian bisa seharian berada disini dari pagi sampai sore. Mencoba berbagai macam wahana mulai dari Mummy, Battle of Galactia *yang infonya udah ditutup*, Transformer, arung jeram Jurrasic Park, dsb. Dan yang harus diingat adalah bawalah botol kosong karena banyak tap water yang menghemat pengeluaran buat air mineral yang lumayan mahal jika kita berada di Singapore. Dan satu lagi adalah jika kalian membeli souvenir di toko resmi Universal Studio, jangan lupa untuk klaim GST yang akan memberikan cash back buat turis manca negara jika dalam 1 struk pembelian *ingat 1 struk pembelian* nilainya lebih dari SGD 100. Tempat klain GSTnya ada di sebelah toko resmi Universal Studio. O ya, ada baiknya kalian membawa baju cadangan. Di sore harinya, kalian bisa menuju S.E.A Aquarium yang rekomen banget buat dikunjungi. Letaknya didekat Universal Studio.

Wisata Belanja ala Singapore – Buat kalian yang ga tertarik pergi ke Universal Studio, di hari kedua ini kalian bisa berkeliling Singapore buat belanja. Dari mulai Changi City Point (kalian harus menuju Expo MRT Station buat ke Changi City Point) lalu ke IMM Mall (lewat Jurong East MRT Station) lalu balik ke kawasan Orchard Road *untuk menyelesaikan jalan-jalan di hari pertama yang mungkin cuma sebentar*. Dan di malam harinya kalian bisa menuju Mustafa Center. Saya rasa rute ini sudah cukup memuaskan kalian berbelanja dan membuat kalian gempor se gempor-gempornya… *halah lebay*.

Rekap hari kedua : Kalian yang ga suka belanja maka kalian akan mencoba berbagai wahana di Universal Studio sedangkan kalian yang suka belanja udah merasakan belanja ala Singapore. *saran saya hindari kawasan Orchard Road dan pergi ke tempat belanja factory outlet macam IMM mall dan Changi City Point pasti kalian ga nyesel*

Hari ke 3 – Wisata Santai (setelah hari dihajar habis-habisan di Hari ke-2)

Setelah di hari ke-2 kalian mungkin di hajar habis-habisan di Universal Studio atau keliling Singapore buat belanja. Bisa jadi kalian bangun agak siang buat memulihkan tenaga. Tempat mana saja yang rekomen buat didatangi?

Saya rasa yang tepat dikunjungi adalah Jurong Bird Park. Kenapa Jurong Bird Park? karena disini kalian ga terlalu capek karena kalian bisa membeli tiket tram yang akan membawa kalian berkeliling area Jurong Bird Park. Disini kalian akan melihat sebuah taman burung yang benar-benar terkonsep, bersih dan punya koleksi yang lumayan lengkap.

Di sore hari jelang malam, bagi kalian yang di hari kedua menikmati Universal Studio, kalian bisa mencoba ke Mustafa Center sebelum mungkin kalian di hari ke 3 ini akan pulang menuju Changi airport.

Bagi kalian yang mungkin di hari kedua udah puas berbelanja dan akan pulang di malam harinya. Maka saya sarankan kalian menuju ke S.E.A Aquarium sebelum menuju ke Changi airport.

SEA Aquarium Singapore
SEA Aquarium Singapore
Hari ke 4 & 5 – Wisata Sekitar Kawasan Marina atau Wisata Edukasi

Biasanya orang bepergian 3 hari 2 malam. Namun, bila Anda di hari ke 4 dan 5 masih berada di Singapore, kalian bisa mencoba berwisata ke area Marina atau memilih wisata edukasi di Singapore.

Wisata Sekitar Marina – Dari pagi sampai siang hari, kalian bisa mengunjungi dari mulai Marina Barrage berurutan lanjut ke Garden by The Bay sampai berakhir dengan berkunjung ke dalam kawasan Marina Bay Sands. Pada dasarnya wisata di hari ke 4 ini gratis semua. Namun, bila kalian di Garden by The Bay ingin naik ke Super Tree nya maka kalian harus bayar. Begitu pula kalau kalian masuk ke 2 dome yang ada di Garden by The Bay maka kalian harus juga bayar. Atau jika kalian ingin masuk ke Singapore Art Science Museum maka kalian juga harus bayar. Di Singapore Art Science Museum sendiri biasanya dapat dipastikan ada aja exhibition yang digelar sepanjang tahun. Saya pastikan di siang hari kalian bakal butuh istirahat. Kalian bisa beristirahat di dalam Marina Bay Sands Mall atau di kawasan outdoornya. Kalau di dalam ya kalian bisa nongkrong di foodcourt atau cafe dan kalau di outdoornya ya paling bersantai di tempat duduk yang ada *kalian boleh kok tiduran di tempat duduk yang ada kalau ga malu (seperti saya sempet tiduran juga…hehe)* Jelang sore harinya kalian bisa mencoba menuju Esplanade untuk bersantai sambil menikmati pertunjukan musik *kalau ada*

Wisata Edukasi – Kalian bisa mencoba di pagi harinya adalah ke Singapore Zoo sampai dengan siang hari. Disini kalian bisa belajar mengenal berbagai binatang *cocok buat kalian yang membawa anak-anak*. Saya asumsikan kalian berada di Singapore Zoo sampai siang hari. Kalian bisa makan siang di area Singapore Zoo. Selesai dari Singapore Zoo, maka kalian bisa menuju ke Science Center yang ada di kawasan Jurong. Disana kalian akan terhibur dengan berbagai permainan edukatif yang paling cocok sih buat anak-anak. Setelah puas berada di Science Center, Anda bisa mencoba pergi ke Singapore National Museum yang letaknya berdekatan dengan Singapore Art Museum *saran saya, kalian bolehlah buat masuk ke Singapore National Museum yang gratisan tapi ga usah masuk ke Singapore Art Museum yang lebih mirip ke galeri seni rupa daripada museum (bayar lagi), mending foto di depannya saja*.

Rekap Hari ke 4 & 5: Di hari ke 4 dan ke 5 ini tinggal Anda pilih mau dahulukan yang mana (wisata di sekitar Marina atau wisata edukasi di Singapore).

Hari ke 6 dan selanjutnya – Wisata Alternatif Singapore

Sebenarnya masih banyak tempat wisata yang bisa kalian kunjungi seperti Lego Land dan Hello Kitty Land *sebenarnya di Malaysia, tepatnya di Johor Bahru*, Henderson Wave *jembatan artistik di Mt. Faber*, kawasan Alexandra Street *dari mulai IKEA, Anchorpoint yang isinya Factory Outlet sampai Alexandar Village Food Center yang menyediakan berbagai makanan yang ajib*, dan lain-lain.

Beberapa tempat wisata terus terang saya belum pernah datangi seperti: Paya Lebar Park, Singapore Botanical Garden *yang katanya mirip kebun raya Bogor*, Chinese and Japanese Garden dan beberapa taman hijau yang ada di Singapore. Ada juga Kampong Glam dan Arab Street yang saya juga belum pernah. Dan beberapa pura masyarakat Hindu yang menarik untuk dikunjungi. Yah, next timelah semoga saya bisa kesana dan berbagi dengan kalian semua. So…

Have a nice trip in Singapore and hope my article help you…

Itinerary Singapore – Mulai Dari Dolan Sampai Tempat Belanja

21 thoughts on “Itinerary Singapore – Mulai Dari Dolan Sampai Tempat Belanja

  • March 22, 2014 at 4:09 am
    Permalink

    Very helpful. Thank u. I’ll try all of ur suggest.
    πŸ™‚

    Reply
    • March 22, 2014 at 4:50 pm
      Permalink

      Thanks πŸ™‚

      Reply
  • April 26, 2014 at 2:10 am
    Permalink

    Persis mas andre, topik tentang singapore itu mendatangkan traffic yang lebih banyak daripada yang lain hehe

    Reply
    • April 26, 2014 at 3:23 am
      Permalink

      Ooo sama yak ternyata…. Hehehehe

      Reply
  • Pingback: Free Webmaster Guide

    • May 16, 2014 at 1:20 pm
      Permalink

      Thanks before… πŸ™‚

      Reply
  • Pingback: cheap eyeglasses

    • July 18, 2014 at 5:41 am
      Permalink

      Betul… Hehe…. Thanks sudah berkunjung ke blog saya

      Reply
  • Pingback: Gregory Smith

    • October 19, 2014 at 8:34 am
      Permalink

      Thanks gregory πŸ™‚

      Reply
  • January 14, 2015 at 9:19 am
    Permalink

    Thank you bro buat infonya… Agustus nanti ada rencana sama keluarga ke sana lagi untuk ke 2 kalinya, lagi cari tempat2 menarik yang belum pernah dikunjungin waktu pertama kali kesana…

    Reply
    • January 14, 2015 at 3:55 pm
      Permalink

      Senang bisa membantu πŸ™‚

      Reply
  • June 1, 2015 at 2:30 am
    Permalink

    tambahin dong itinerary singapura untuk wisata kulinernya.. termasuk untuk makanan halal dan nonhalal nya hehe

    Reply
    • June 2, 2015 at 2:17 am
      Permalink

      Hi Klea, ada kok beberapa resto yang udah pernah dibahas. Namun memang ga spesifik dibahasnya. Mungkin next time ya. Thanks untuk masukannya.

      Reply
  • November 22, 2015 at 3:05 pm
    Permalink

    Very helpfull. Thx for sharing

    Reply
    • November 22, 2015 at 9:58 pm
      Permalink

      Sama sama… Thank you udah berkunjung dan baca blognya… πŸ™‚

      Reply
  • November 23, 2015 at 1:16 pm
    Permalink

    Oh ya kak, tinggal di hostel aman gk ya ? Ad referensi penginapan yg murah & strategis di singapura ? Rencana mau taun baruan di sing… thx

    Reply
    • November 23, 2015 at 3:44 pm
      Permalink

      Aan kok di hostel. Papi pastikan lemari penyimpanannya bisa di kunci dengan baik ya. Dulu saya coba five stones hostel. Cukup okay menurut saya.

      Reply

Leave Your Commentary

Translate »