Pergi ke Singapura sepertinya tidak bisa lepas dari yang namanya Changi International Airport. Bandara ini memang sudah jadi ikon tersendiri buat wisata di Singapura. Changi International Airport adalag pintu gerbang negara Singapura dan sudah dikenal banyak orang sebagai salah satu bandara terbaik di dunia. Bukan hanya karena kebersihannya tapi juga karena konsep menyeluruh yang dihadirkan, mulai dari shop and dine @Changi ataupun teknologi yang terus dikembangkan seperti terlihat di terminal baru bandara ini yaitu Terminal 4 Changi Airport.

So, kali ini saya ingin membahas sisi lain dari Changi International Airport. Mari kita mulai:

Tidur gratis di Changi Airport Terminal 1

Tahukah kalian jika di Changi Airport ada beberapa spot untuk wisatawan yang ingin bermalam karena flightnya memang sudah terlalu malam dan memang ingin menghemat biaya hotel?

Jika pembaca mempunyai tiket transit dan ingin bermalam di Changi Airport maka dengan mudah kita tinggal mencari yang namanya Snooze Area yang selama ini di seluruh terminal di Changi Airport adanya di lantai 2 area transit mall Changi Airport.

Sebagai catatan, untuk pelancong yang tidak mempunyai tiket transit dan tidur di Snooze Area kadang akan diusir oleh petugas keamanan.

Nah, bagaimana kalau kamu memang dapat jadwal pesawat malam mengunjungi Singapura lalu sampai di Singapura ternyata layanan MRT sudah usai dan ingin berhemat untuk dapat tidur malam itu di Changi Airport.

Di Terminal 1, ada tempat dimana kita dapat tidur dengan cukup nyaman dan aman karena tidak akan diganggu petugas keamanan. Sebenarnya tempat ini berada diatas area transit mall, dimana kita dapat melihat segala aktifitas orang di transit mall dari lantai ini.

Dan berikut adalah panduannya:

Pertama kita harus keluar dari area imigrasi dan keluar ke area publik kedatangan Changi Airport Terminal 1

Kedua begitu keluar dari pintu ke datangan maka kita harus naik diatas lantai dasar melalui eskalator atau lift di seberang kanan dari pintu kedatangan

Ketiga, di lantai keberangkatan (lantai 2 Terminal 1) temukan kounter Information di dekat lift tepatnya kearah kiri. Kita akan melihat eskalator yang akan mengarahkan kita ke Viewing Area dan beberapa tempat makan di lantai 2. Naiklah ke lantai 2 melalui eskalator tersebut.

Keempat, belok ke kiri lalu ke kanan untuk menemukan yang namanya Viewing Area. Nah disana kita akan menemukan area cukup luas dan bisa tidur cukup nyaman.

Tips: pilih untuk tidur di area tempat bermain anak dan bawalah alat yang difungsikan sebagai penghangat tubuh (bisa kain / jaket / selimut tipis) dan juga alat buat bantal kepala (bisa bantal travelling / tas ransel / koper). Yang pasti jangan bawa bantal tidur dan selimut yang besar karena orang akan heran, “emang nginep di hotel bawa begituan?”

Makan Murah di Kantin Karyawan Terminal 1

Salah satu hidden gem di Changi Airport adalah kantin karyawan. Kantin karyawan ini menjadi hidden gem karena selain harganya murah tapi juga banyak makanan yang dihidangkan adalah makanan halal sehingga bagi wisatawan yang beragama Muslim akan mudah untuk bersantap di kantin karyawan ini. Dulu kata orang tidak mudah menemukan, eh tapi ternyata gampang kok.

Dari pintu kedatangan setelah imigrasi kita tinggal berbelok ke kiri dan kita akan melihat petunjuk arah ke Staff Canteen. Kita harus keluar gedung dulu lalu berbelok ke kiri menuju kantin yang berada di basement gedung.

Setelah menurunin tangga secara manual (tidak ada eskalator) maka kita akan sampai di kantin karyawan yang banyak dikenal orang menjual makanan yang lebih murah daripada makan di dalam area transit atau publim Terminal 1.

Tips: ingat bahwa tangganya manual jadi pikirkan matang-matang jika membawa koper atau bawaan lain yang cukup berat / besar. Selain itu kantin ini sudah buka jam 5 pagi, jadi kalau bosen tidur di Viewing Area bisa ke kantin ini.

Changi International Airport Terminal 4

Di tahun 2017 ini, Changi International Airport menambah satu terminal lagi yaitu Terminal 4. Konon menurut berita di internet, terminal ini lebih hi-tech dibanding terminal yang lain dan ternyata memang benar.

Mulai dari check-in dan drop baggage yang menggunakan mesin (yang ini di terminal lain juga sudah ada)

lalu ada juga auto gate immigration (imigrasi tapi pake mesin)

sampai mesin canggih saat pemeriksaan sebelum masuk area transit mall yang bisa memungkinkan orang mengatur alur pemeriksaan lebih efisien.

Sedangkan di dalam transit mall sendiri seperti biasa diisi dengan toko dan resto yang berjajar.

Sedangkan area foodcourt lantai 2 sudah menggunakan sistem antrian terpusat sehingga saat makanan yang kita pesan sudah ready kita dapat dinotifikasi oleh sistem di TV gede dan kita tinggal mengambilnya di resto dimana kita pesan makanan.

Selain itu ada pula beberapa spot yang instagramable yang banyak dipakai orang untuk selfie atau foto-foto (termasuk saya dan istri… hehe)

Tips: karena saat ini Terminal 4 ini diakses dengan bus shuttle dari Terminal 2 maka cadangkan waktu saat akan kembali ke tanah air karena takutnya jalanan umum yang dilalui bus shuttle ini macet.

Jalan-Jalan di Changi Airport – Tidur di Changi, Kantin Karyawan dan Changi Airport Terminal 4

Leave Your Commentary

Translate »