Buy a Batik
Buy a Batik

Dolan ke Jogja dan Solo kemana aja ya enaknya? Pertanyaan yang muncul apalagi saat mudik di tahun 2015 ketika tulisan ini dibuat. Ini dia beberapa tempat asik dikunjungi di Jogja – Solo dan sekitarnya.

Jogja dan Solo menawarkan beberapa pilihan wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam seperti air terjun, pantai, pegunungan atau gua, sampai dengan wisata kuliner yang beragam dengan harga yang terjangkau bagi para turis. So, let’s get start untuk membahas satu persatu wisata yang ada di Jogja dan Solo untuk referensi Anda semua di liburan lebaran di tahun 2015 ini.

1. Wisata Pantai dan Air Terjun di Selatan Jogjakarta

Dolan ke pantai-pantai di selatan Jogja rupanya sudah menjadi trend saat ini. Apalagi ada juga air terjun Sri Gethuk yang kata orang Jawa “trap-trapan” atau berteras-teras. So cobalah atur waktu buat ke pantai-pantai selatan Jogja.

Sri Gethuk
Sri Gethuk
Kejawan Temple at Ngobaran
Kejawan Temple at Ngobaran

2. Belanja nyaman di Malioboro dan beli kaos khas Jogja “Dagadu” Asli

Pilihan yang tentunya ga bisa dipisahkan ketika berada di Jogja adalah belanja ala orang Jogja di daerah Malioboro. Belanja di Malioboro buat saya paling tempat di pagi hari. Sekitar pukul 9 pagi sebaiknya sudah sampai ketika belum terlalu ramai. Tempat lain yang ga boleh dilewatkan adalah Dagadu Jogjatorium, pusatnya beli kaos asli Jogja yaitu Dagadu.

Inside Mirota Batik
Inside Mirota Batik
Yogyatourium Dagadu
Yogyatourium Dagadu

3. Wisata Sejarah sekitar Kraton

Keramahan warga Jogja tak lepas dari budaya Jawa yang tercermin di Kraton Jogja. So, tak ada salahnya berkunjung ke Kraton dan sekitarnya (ada Taman Sari yang merupakan tempat permandian putri Kraton jaman dulu).

Taman Sari
Taman Sari

4. Dataran Tinggi Lereng Merapi

Nah, tempat lain yang juga asik dikunjungi adalah daerah lereng Gunung Merapi. Kita bisa berkunjung ke daerah Kaliurang untuk melihat Museum Merapi, Ullen Sentalu Museum (yang keren banget museumnya termasuk ama Boukenhoff resto dibagian belakang museum) atau ikutan lava tour.Tempat lain yang bisa dikunjungi adalah daerah Ketep Pass, tempat nongkrong sambil makan makanan tradisional di ketinggian.

At Kaliurang
At Kaliurang

5. Wisata Ekstrim Jogjakarta

Bagi kalian yang suka hal-hal cukup ekstrim bisa berkunjung ke beberapa tempat seperti Luweng Jomblang, Sungai Kalisuci atau Gua Pindul. Tapi ingat kadang kurang cocok untuk yang bawa anak kecil atau orang tua.

6. Nyeduh The ala Bangsawan di Ndoro Donker

Buat yang suka nongkrong santai sambil minum teh. Ada tempat bernama Ndoro Donker di luar Solo arah ke Tawang Mangu.

Mencicip Teh
Mencicip Teh

7. Berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi

Buat pecinta Batik, ada tempat yang mustinya kalian kunjungi ketika berada di Solo yaitu museum Danar Hadi. Selain lihat batik kelas premium di museum, kita juga bisa beli batik merk Danar Hadi juga.

House of Danar Hadi
House of Danar Hadi

8. Makan-makan

Wisata kuliner tentunya ga boleh dilewatkan bukan? šŸ™‚ Ada yang namanya Pempek Nyonya Kamto di Jogja, lalu di kota Klaten (ditengah-tengah antara Jogja dan Solo) ada warung swikee Bu Reso yang terkenal, atau juga bisa ke Solo buat makan Nasi Liwet atau Tengkleng Solo.

Bu Reso - Sweekee
Bu Reso – Sweekee

So, semoga beberapa list diatas bisa jadi referensi ketika liburan di Jogja atau Solo ya. Have a nice holiday! … šŸ™‚

Kemana Aja Kalau Ke Jogja – Solo dan sekitarnya

2 thoughts on “Kemana Aja Kalau Ke Jogja – Solo dan sekitarnya

  • October 17, 2015 at 11:42 pm
    Permalink

    Suka review nya šŸ™‚
    Jogja yang selalu istimewa.Akan selalu ada rasa ingin lagi dan lagi berkunjung ke jogja.
    Bertemu dengan masyarakat nya sangat menyenangkan karena ramah sekali.
    Silahkan mampir ke Medan juga bang šŸ™‚

    Reply
    • October 18, 2015 at 12:45 am
      Permalink

      Hi Ririn… Thank you udah berkunjung. Nanti kapan kapan saya mau berkunjung ke medan jg

      Reply

Leave Your Commentary

Translate »