Beautiful Scenery
Beautiful Scenery

Salah satu tempat yang saya kunjungi di akhir tahun 2014 kemarin adalah Ketep Pass, sebuah tempat yang biasa dikunjungi wisatawan untuk melihat kemegahan Gunung Merapi, gunung berapi paling aktif di Pulau Jawa, Indonesia. Perjalanan kali ini saya tempuh bersama keluarga dari Kota Klaten menuju ke arah Jogjakarta lalu saya arahkan perjalanan ke arah kota Magelang. Tepat di daerah bernama Blabak *dekat dengan kota Muntilan* kami berbelok dan menyusuri jalanan menanjak menuju Ketep Pass yang berada di ketinggian 1,200m diatas permukaan laut. Karena berada di ketinggian maka udara di Ketep Pass boleh dibilang cukup dingin.Sampai di daerah Ketep Pass, saya memarkir kendaraan saya di area parkir yang cukup luas. Saya sarankan untuk memarkir kendaraan Anda di tempat yang telah disediakan dan jangan di bahu jalan karena pada jam-jam tertentu jalanan bisa stuck dan rawan untuk kendaraan tergores atau malah bisa jadi tertabrak kendaraan lain.

Kami pun menuju ke area warung-warung makan yang berjajar rapi dengan pemandangan yang sungguh indah. Dari ketinggian kita bisa melihat pemandangan lereng Gunung Merapi yang indah. Kita bisa menikmati aneka makanan tradisional seperti tempe goreng, pisang goreng, mie rebus ataupun jagung bakar yang paling enak disantap dikesejukan Ketep Pass ini. Secangkir kopi hitam menjadi pelengkap untuk bersantai melepas penat dan menikmati kehidupan.

Enjoy The View
Enjoy The View

Di area Ketep Pass sendiri juga terdapat beberapa tempat menarik seperti museum vulkanologi tentang sejarah Gunung Merapi, gardu pandang untuk menikmati sekaligus memandang Gunung Merapi dari dekat, ataupun ada juga Pelataran Panca Arga yang disana kita bisa melihat lima gunung besar yang terletak berdekatan yaitu: Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sindoro dan Slamet.

Ketep Pass memang menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan yang indah di tengah udara sejuk pegunungan. Namun, rasanya tempat ini masih perlu pengelolaan lebih lanjut seperti ketersediaan lahan parkir yang semakin dirasa sempit ketika ada bus wisata yang masuk ke daerah ini.

Gardu Pandang
Gardu Pandang
Ketep Pass – Sudut Pandang Merapi
Tagged on:                         

Leave Your Commentary

Translate »