Soto Sor Pelem - Soto
Soto Sor Pelem – Soto
Kota dimana saya tumbuh dan belajar akan arti hidup adalah kota Klaten. Bukan kota yang besar memang, malah cenderung adalah kota kecil dimana biasa orang-orang melewatinya begitu saja ketika bepergian dari/ke Jogja-Solo. Namun, Klaten terus berbenah untuk menjadi salah satu kota tujuan wisata. Salah satunya Klaten sekarang dikenal dengan sebutan kota 1001 warung soto.

Jika kota Manggar di Belitung sudah beberapa lama dikenal dengan kota 1001 warung kopi karena banyaknya warung kopi yang ada di sepanjang jalan kota itu, maka di Klaten memang banyak sekali pilihan warung soto yang menghidangkan masakan soto dengan ciri khasnya masing-masing.

Soto sendiri adalah makanan lokal Indonesia yang sudah banyak dikenal. Di Jawa Tengah, sebutan soto mengacu ke sup bening berisi irisan ayam dan potongan kecil daun seledri. Di beberapa tempat ada juga yang menambahkan tauge.

Salah satu warung yang saya sering kunjungi adalah Warung Soto Kembaran yang terkenal dengan aneka gorengannya yang lezat dan teh poci yang dihidangkan dengan gula batu.

Soto Kembaran - Depan
Soto Kembaran – Depan
Soto Kembaran - Gorengan
Soto Kembaran – Gorengan
Soto Kembaran - Soto
Soto Kembaran – Soto

Warung lain yang juga dikenal kebanyakan orang adalah Warung Soto Sor Pelem. Dulunya warung ini terletak dibawah pohon mangga makanya disebut Soto Sor Pelem *artinya soto dibawah pohon mangga. Disini sotonya juga enak.

Soto Sor Pelem - Inside
Soto Sor Pelem – Inside
Soto Sor Pelem - Soto
Soto Sor Pelem – Soto

Beberapa ada juga warung soto yang sudah berdiri lama seperti: Soto Widodo, Soto Mbok Giyem (dari Boyolali), Soto Pak Min *yang ada dimana-mana, meskipun…*, adapula Soto Bu Wiro yang jadi kesukaan mama saya dan banyak warung soto yang lain.

Klaten pastinya tidak boleh berhenti menggali potensi kota yang terletak ditengah-tengah antara Jogja dan Solo. Kalau pembaca sempat cobalah singgah di kota ini maka kalian pastinya bisa mencicip soto khas Klaten yang ada banyak sekali.

Klaten – Kota Seribu Satu Warung Soto
Tagged on:             

One thought on “Klaten – Kota Seribu Satu Warung Soto

Leave Your Commentary

Translate »