Warung Kopi Es Tak Kie
Warung Kopi Es Tak Kie

Glodok – Jakarta, sebuah kawasan yang telah lama dikenal dengan sebutan Pecinan-nya Jakarta. Di antara denyut ekonomi kawasan ini terlebih disaat akhir pekan, ada sebuah kedai kopi yang terkenal sejak lama, tepatnya sejak kedai kopi ini berdiri di tahun 1927. Kopi Es Tak Kie begitu tempat ini disebut orang. Rasa penasaran saya selama ini akhirnya terobati di minggu kemarin ketika berkesempatan untuk mengicipi cita rasa kopi asli Jakarta yang ada sejak jaman sebelum kemerdekaan.

Jam dinding kala itu menunjukkan pukul 8.30 pagi ketika saya sampai di Kopi Es Tak Kie. Suasana di kedai kopi ini sudah ramai terisi pengunjung yang rata-rata berusia lanjut. Beberapa pengunjung ada yang bersama keluarganya untuk mencicip rasa otentik dari kopi yang disajikan oleh Kopi Es Tak Kie, namun ada pula yang sekedar kongkow bersama teman sambil menyeduh nikmatnya kopi asal Lampung yang dihidangkan. Diantara para pengunjung berusia lanjut ada juga anak-anak muda yang sengaja berkunjung ketempat ini karena nilai otentik dari Kopi Es Tak Kie yang tak khayal menjadikannya tempat wisata baru di ibukota.

Inside Kopi Es Tak Kie
Inside Kopi Es Tak Kie

Untuk menemukan Kopi Es Tak Kie, kita cukup menuju kawasan Glodok tepatnya di Gang Gloria. Kedai Kopi Es Tak Kie ini berada di sebelah kanan tak jauh dari mulut gang dimana kita bisa melihat keramaian berbagai kios makanan yang berderet memenuhi Gang Gloria. Sedangkan untuk sisi harga, untuk satu gelas kopi es disini dibandrol harga sekitar Rp. 15ribuan. Di tempat ini, kita juga bisa membeli makanan seperti mie, pi oh (daging penyu) dan lain-lain. Dan sekiranya ingin membawa pulang kopi bubuk dari Kopi Es Tak Kie, kita hanya perlu menginformasikan ke Bapak penjaga kasir yang adalah anak dari pendiri Kopi Es Tak Kie. Untuk 1/4 kilogram kopi bubuk Tak Kie dibandrol dengan harga Rp 38 ribu termasuk Bapak penjaga kasir akan menyertakan cara pembuatan kopi yang benar ala Kopi Es Tak Kie.

Kopi Es Tak Kie terus berusaha melawan kemajuan jaman dengan persaingan ketat di bisnis kedai kopi. Namun, dengan tetap menjaga kualitas dan nilai otentik yang ada, rasanya Kopi Es Tak Kie akan terus menjadi pilihan bagi para penikmat setianya. Dan tentunya menjadi cagar budaya yang harus dijaga karena Kopi Es Tak Kie adalah salah satu warisan budaya di Ibukota negara ini.

Kopi Es Tak Kie
Kopi Es Tak Kie
Kopi Aseli Selera Jakarta – Kopi Es Tak Kie, Glodok

7 thoughts on “Kopi Aseli Selera Jakarta – Kopi Es Tak Kie, Glodok

  • July 13, 2015 at 9:31 am
    Permalink

    Ah, di glodok ya πŸ˜€ sebagai pecinta kopi, harus cobain juga ini πŸ˜€

    Reply
    • July 13, 2015 at 11:37 am
      Permalink

      Sama sama… Selamat mencoba πŸ™‚

      Reply
  • July 15, 2015 at 1:41 am
    Permalink

    Tiap baca ulasan tentang Kopi Tak Kie selalu penuh sisi human interest khas pecinaan. Jadi tambah penasaran dan nggak sabar pingin lihat langsung deh hehehe

    Reply
    • July 15, 2015 at 2:00 am
      Permalink

      Iya coba dateng deh dan ngicip kopinya πŸ™‚

      Reply
  • August 31, 2015 at 6:53 am
    Permalink

    wah…lihat foto kedai nya jadi teringat kedai kopi yang ada di Tanjung Pinang, kapan dah aku mampir ke sana Ndre…

    Reply
    • August 31, 2015 at 11:50 am
      Permalink

      Yak coba deh mampir ke tempat ini

      Reply

Leave Your Commentary

Translate »