Harus saya akui ketika menulis tulisan ini, saya bingung mau pasang foto yang mana buat dijadikan cover tulisan ini. Hal ini karena di kunjungan kedua saya ke Belitung begitu banyak foto yang menurut saya bagus-bagus. *moga moga kalian juga setuju… kalau ngga kan selera foto gue bisa dipertanyakan… hahaha… Tapi memang jujur kembali melihat foto kunjungan kedua ini rasanya membuat saya setuju Belitung menjadi salah satu kepulauan terindah di Indonesia yang harus terus dipelihara dan dijaga. Selain itu dengan masyarakat yang ramah menjadikan Belitung sebagai next big tourism in Indonesia selain Bali.

Dengan jumlah penerbangan yang cukup banyak dari ibukota negara ini, jalan-jalan ke Belitung kini menjadi mudah. Kita pun juga bisa jalan-jalan ke Belitung untuk sekedar di Sabtu-Minggu tanpa perlu cuti dari pekerjaan kita.

Where to go

Kemana enaknya pergi ke Belitung? Mari kita coba bahas satu per satu tempat wisata di Belitung. Kepulauan disebelah timur Pulau Bangka ini dibagi menjadi dua kabupaten yaitu Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

1. Belitung Timur

Jika kita berkunjung ke Belitung Timur maka biasanya travel guide akan membawa kita ke kota Manggar dimana terkenal dengan julukan Kota 1001 Kedai Kopi karena banyaknya kedai kopi yang ada di Kota Manggar. Namun, yang menjadi tujuan utama ketika kita ke Belitung Timur biasanya kita akan dibawa untuk napak tilas film yang terkenal yaitu Laskar Pelangi yang diangkat dari kisah nyata seniman Andrea Hirata. Selain mengunjungi lokasi syuting SD Laskar Pelangi, maka kita biasa akan dibawa ke Museum Kata Andrea Hirata.

SD Laskar Pelangi
SD Laskar Pelangi
Museum Kata Andrea Hirata
Museum Kata Andrea Hirata

Selain itu juga ada Kuil Dewi Kwan Im yang terkenal. Kuil Dewi Kwan Im ini terletak berdekatan dengan Pantai Burung Mandi. Disini kita bisa meramal nasib kita dengan memberikan sumbangan seiklasnya. Petugas yang ada akan menafsirkan ramalan yang ditulis dalam secarik kertas.

Area Kuil Dewi Kwan Im
Area Kuil Dewi Kwan Im
Kuil Dewi Kwan Im
Kuil Dewi Kwan Im

2. Belitung

Sedangkan untuk Kabupaten Belitung saat ini menjadi daya tarik utama pariwisata kepulauan Belitung dikarenakan banyaknya pulau-pulau kecil dengan pantai yang indah untuk dikunjungi. Tanpa banyak tulisan silahkan melihat-lihat hasil jepretan saya berikut ini:

Pulau Pasir
Pulau Pasir
Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas
Pose di Pulau Batu Berlayar
Pose di Pulau Batu Berlayar
Kolam Renang Alami
Kolam Renang Alami
Nyantai Di Pulau Kepayang
Nyantai Di Pulau Kepayang
Lompat Yeayy
Lompat Yeayy
Pulau Kepayang
Pulau Kepayang
Mercusuar Pulau Lengkuas
Mercusuar Pulau Lengkuas
Pulau Burong Garuda
Pulau Burong Garuda

Di kabupaten Belitung kita juga menikmati beberapa pantai yang menempel di pulau utama Belitung seperti Pantai Tanjung Tinggi atau Pantai yang letaknya di Bukit Berahu yang biasa dikunjungi untuk menikmati matahari tenggelam.

Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi
Nyantai Bersama Teman
Nyantai Bersama Teman
Senja di Bukit Berahu
Senja di Bukit Berahu

Selain itu ada juga yang namanya Danau Kaolin dimana biasanya danau ini dulunya adalah tambang Kaolin (bahan pembuat kosmetik) yang sudah tidak berfungsi lagi *beberapa sih masih ada yang aktif… dimana tak jarang Danau Kaolin ini dipakai untuk foto pre wedding. Jumlah Danau Kaolin sendiri di kabupaten Belitung ada banyak. So tinggal pilih mau berkunjung ke Danau Kaolin yang mana.

Sunrise Kaolin
Sunrise Kaolin

Where To Eat

Setelah berkunjung sebanyak dua kali maka berikut ini adalah beberapa tempat makan rekomendasi di Belitung:

1. Resto Fega – Belitung Timur

Rasanya resto Fega ini adalah resto terbesar deh di Belitung Timur, tepatnya di kota Manggar *dekat tugu 1001 Kedai Kopi… yang bentuknya teko dan cangkir. Area Resto ini cukup besar termasuk dibagian belakang terdapat danau yang cukup gede. Sedangkan untuk rasa boleh dibilang cukup enak dengan berbagai olahan seafood.

Resto Fega Belitung
Resto Fega Belitung
Resto Fega
Resto Fega

2. Mie Atep

Mie Atep adalah Belitung, Belitung adalah Mie Atep. Untuk mereka yang pertama kali pergi ke Belitung pasti akan dibawa untuk merasakan mie unik khas Belitung ini.

Mie Atep
Mie Atep
Mie Atep - Front
Mie Atep – Front

3. Warung Kopi Ake

Yang ini adalah salah satu warung kopi lama di kabupaten Belitung yang rame dikunjungi biasanya oleh golongan tua untuk sekedar kongkow sambil ngopi. Warung Kopi Ake saat ini dikelola oleh generasi kedua dan ketiga dari pendiri Warung Kopi Ake ini.

Kopi Ake
Kopi Ake
Kopi Ake Belitung
Kopi Ake Belitung

Selain itu masih ada beberapa tempat makan seperti mie Acoy (non halal) dan ada juga rumah makan Mutiara yang meskipun masih tradisional namun cukup otentik. Dan ada juga resto fine dining ala Belitung dinamai resto Tempo Doeloe.

Where To Stay

Sebenarnya di Belitung saat ini sudah ada banyak hotel mulai yang sederhana sampai berbintang 4 (menurut informasi hotel berbintang 5 sedang dibangun saat ini). So berikut adalah beberapa hotel yang saya pernah pakai:

1. Hotel Martani

Bicara hotel di Belitung tentunya harus menghormati hotel pertamanya di Belitung yaitu hotel Martani. Hotel yang terletak di dekat pelabuhan Belitung ini masih berdiri kokoh untuk menjadi salah satu alternatif hotel jika pilihan hotel sudah tidak ada.

Untuk kamar VIP kalau tidak salah dikenai biaya sekitar Rp. 400ribu/malam. Ukuran kamarnya sendiri sangat besar dan ada ruang tamunya. Sedangkan kamar mandi bisa dipakai buat main bola rasanya. *hehe… beruntung saya masih bisa merasakan menginap di hotel pertama di Pulau Belitung

2. Hotel Grand Hatika

Hotel yang terletak di depan pusat keramaian Pantai Tanjung Pendam ini buat saya menjadi pilihan tepat untuk penginapan yang dekat dengan area keramaian apalagi jika Anda bepergian dengan orang yang suka lapar dimalam hari *seperti saya…hehe…

3. Hotel Max One

Ini adalah hotel baru tempat saya menginap kali ini. Letaknya di jalan utama kabupaten Belitung namun agak jauh dari area keramaian. Namun, menurut saya hotel ini boleh untuk menjadi salah satu pilihan hotel ketika berkunjung ke Belitung.

Max One Belitung
Max One Belitung
Kamar Mandi Max One
Kamar Mandi Max One
Lobby Max One
Lobby Max One
Kunjungan Kedua ke Kepulauan Indah Belitung

14 thoughts on “Kunjungan Kedua ke Kepulauan Indah Belitung

    • October 4, 2015 at 9:30 pm
      Permalink

      Buruan mas kesana lagi… Hehehe

      Reply
  • October 12, 2015 at 3:14 am
    Permalink

    Danau Kaolin & Batu Granit di Belitung yg wajib dikunjungi ke Pulau Laskar Pelangi ini 😀

    Reply
    • October 12, 2015 at 4:13 am
      Permalink

      Yupe betul… Terima kasih sudah berkunjung…

      Reply
  • December 21, 2015 at 1:14 am
    Permalink

    Pak Andre saya tertarik dgn tulisan2nya.. Ke p belitung ini pak andre pakai travel mana?.. Januari 2016 saya dan suami berencana kesana menikmati masa pensiun kami.. Terima kasih yaa

    Reply
    • December 21, 2015 at 1:18 am
      Permalink

      Bisa kontak Dimas di +62 819 29588271 untuk tur guide selama disana

      Reply
  • January 24, 2016 at 3:17 pm
    Permalink

    Hi Andre, mau tanya dong, waktu kamu kesini lagi tahun 2015 biaya rental perahu itu masih 400rb kah? Kamu rentalnya langsung di Pantai Tj. Kelayang kah ? yang ada dermaga. Terus car rental yang recommended plus drivernya boleh dinfo tidak ? Itineraryku agak rush pastinya karena hanya dateng buat liat GMT tanggal 9 maret aja, cuma mau island hopping juga tapi gak mau pake toour guide hanya perlu driver aja yang ngerti jalan. Untuk Pantai Tanjung Tinggi dan Bukit Berahu deketan dari airport ya ?

    Many thanks in advance Andre, maaf pertanyaan segambreng

    Reply
    • January 25, 2016 at 2:01 pm
      Permalink

      Rental perahu masi sama. Langsung sewa di Pantai tj. Kelayang. Car rental bisa hubungi Dimas di +62 819 29588271 sekaligus driver. Pantai tanjung tinggi dan bukit berahu agak beda arah. Island hoping setengah hari. Tapi mustinya kalau pas gerhana matahari prohibitted ya… Kan gelap gt…hehe

      Reply
      • February 12, 2016 at 7:05 am
        Permalink

        Hi Andre,

        Thanks banget buat infonya. Gerhana pagi kog mulai jam 06.20 pagi dan selesai jam 07.20 pagi.

        Thanks again

        Reply
  • March 6, 2017 at 4:41 am
    Permalink

    Mas saya mau kebelitung nih apa ada saran tempat yg wajib banget dikunjungi dan ga bole terlewatkan dibelitung? Mostly itinerary saya sudah sama kayak punya mas.. :):):)

    Reply
    • March 6, 2017 at 6:20 am
      Permalink

      Berapa hari ya?

      Reply
  • April 3, 2017 at 10:33 pm
    Permalink

    Mas andre saya berencana akan ke belitung 6 hari 5 malam.apakab itu terlalu lama atau terlalu cepat? Dan saya ke belitung tanpa tour guide apakah itu tidak masalah? Dan lokasi apa sajakah yg saya wajib kunjungi? Dan bagaimana fasilitas hotel maxone jika di rating dari 1-10? Terima kasih mas

    Reply
    • April 3, 2017 at 10:38 pm
      Permalink

      6 hari 5 malam di belitung sudah terlalu lama. Tanpa tour guide bisa kok. Lokasi yang di kunjungi 1 hari eksplor pulau pulau di belitung barat, 1 hari ekplor belitung timur (museum kata andrea hirata, rumah pak ahok, sd laskar pelangi), 1 hari ke danau kaolin dan ke batu baginde (belitung selatan) habis itu ga tahu musti kemana sih karena belum banyak tempat wisata baru. Ada tempat untuk outbound gt sih cuma lupa namanya. Itu tempat untuk melihat binatang khas Belitung.

      Reply

Leave Your Commentary