Golok
Golok

Coba Anda lihat gambar disamping ini. Gambar ini bukanlah dibuat di tahun 2000 atau lebih lagi dibuat dengan teknologi digital imaging yang ada di zaman sekarang. Gambar disamping adalah karya Raden Saleh di abad 18… ya benar sekitar tahun 1800-an. Jadi silahkan bayangkan sendiri betapa hebatnya seniman yang menggambar gambar golok disamping.

Kira-kira tahun lalu saya cukup beruntung untuk menyaksikan pameran seni yang menampilkan karya-karya Raden Saleh di Galeri Nasional Indonesia. Raden Saleh buat saya adalah misteri yang saya ingin lihat ketika saya berada di bangku sekolah. Guru saya pernah bercerita tentang kehebatan Raden Saleh dalam melukis. Dan beruntung saya dan istri boleh menikmati pameran seni yang konon sudah puluhan tahun belum pernah diadakan lagi karena koleksi Raden Saleh sendiri sudah tersebar di beberapa negara dan dimiliki oleh perorangan yang susah untuk bisa dikumpulkan.

Raden Saleh yang bernama lengkap Raden Saleh Sjarif Boestaman lahir dari keluarga ningrat Jawa yang berkesempatan untuk belajar dengan seorang pelukis asal Belanda yaitu A.A.J Payen. Beliau menimba ilmu sampai ke Eropa untuk mendalami seni lukis yang akhirnya membawanya kembali ke Indonesia untuk berjuang dengan cara berbeda, melalui lukisan yang dihasilkan dari tangannya. Jika menilik lebih jauh lukisan dari Raden Saleh ini maka kita seakan melihat maha karya dari seniman eropa jaman Leonardo Da Vinci atau Michelangelo.

javanese-couple
javanese-couple
man
man
ship-wreck
ship-wreck
woman
woman
young-lady
young-lady
Capture-of-Prince-Diponegoro
Capture-of-Prince-Diponegoro

Lukisan karya Raden Saleh cukup beragam dari mulai potret diri dari bangsawan Belanda atau orang terkenal di Indonesia pada zamannya, gambar benda-benda ataupun lukisan binatang. Yang paling menonjol dari lukisan Raden Saleh buat saya adalah pada bagian mata di setiap lukisan serasa hidup dan sedang memandang kita. Bagian yang lain yang cukup keren adalah di tiap lukisan dia, lukisan langitnya serasa hidup dan membuat seolah mata kita sedang melihat langit yang sesungguhnya. Dan yang pasti di pameran itu saya bisa menyaksikan salah satu maha karya dari beliau yaitu lukisan Penangkapan Pameran Diponegoro. Lukisan ini sendiri konon menyimpan misteri yaitu pada lukisan itu ada 3 orang yang mempunyai wajah yang sama dan diduga ketiganya adalah Raden Saleh itu sendiri.

Raden Saleh Syarif Bustaman – Seniman Indonesia Bertaraf Internasional

Leave Your Commentary

Translate »