Ume Set
Ume Set

Tidak banyak resto lama di Jakarta yang masih dapat bersaing dengan resto modern yang makin menjamur. Salah satu yang mungkin masih kita bisa kunjungi adalah resto Kikugawa di daerah Cikini.

Resto yang sudah ada sejak 1969 ini dulu didirikan oleh seorang Jepang bernama Kikuchi Surutake. Berdiri di jamn setelah kemerdekaan Indonesia. Kikugawa resto dulu menurut cerita menjadi resto tujuan para tentara Jepang yang rindu dengan makanan Jepang dengan cita rasa otentik. Saat ini cita rasa yang sama terus dijaga oleh Kikugawa resto. Dan memang saat kunjungan pertama saya menu lengkap yang dinamai Ume Set (IDR 124ribu) membawa saya kembali merasakan cita rasa makanan di Jepang yang light, fresh untuk dagingnya namun tetap terasa bumbunya. Ume Set sendiri adalah menu semacam bento lengkap dengan lauk yakitori (sate ala Jepang), sup miso dan sushi. Sedangkan untuk minum saya memesan ocha dingin seharga IDR 20ribu (free flow)

Miso Soup
Miso Soup
Yakitori
Yakitori

Ada satu hal yang menurut saya cukup menonjol adalah sisi layanan yang dicoba terus dijaga oleh pemilik yang sekarang telah berpindah ke anak dari pemilik pertama resto Kikugawa. Para pelayan yang terus berdiri di pos masing-masing akan dengan sigap melayani para pengunjung yang membutuhkan tambahan air atau memesan menu tambahan. Dan setelah mereka selesai melayani maka mereka akan kembali ke pos mereka berdiri.

img_3140

img_3143

img_3144

img_3145

Kikugawa resto mungkin sudah cukup lama dari sisi usia (bahkan lebih tua dari saya) namun melihat resto ini terus menjaga cita rasa makanan dan ambience resto yang otentik membuat resto ini menjadi sebuah ‘museum’ bagi bangsa ini.

Resto Lama – Kikugawa
Tagged on:                     

2 thoughts on “Resto Lama – Kikugawa

  • December 10, 2016 at 7:40 am
    Permalink

    Woh…pernah ke sini juga. Sukaaa…. makanan dan suasananya jadul2 otentik gitu. Cuma kayaknya agak tinggi ya harganya. Tapi kualitas makanannya memang oke banget sih. Jadinya worth it!

    Adam & Susan
    http://www.pergidulu.com

    Reply
    • December 10, 2016 at 9:26 am
      Permalink

      Iya agak mahal sih tapi emang beda rasanya ama resto Jepang modern… 🙂

      Reply

Leave Your Commentary

Translate »