Margareth's Cafe - Egg Tart
Margareth’s Cafe – Egg Tart

Makau dan Hong Kong bagi sebagian orang menjadi surga pusat jajanan khususnya bagi mereka yang biasa disebut dengan istilah foodie, para pecinta kuliner. Sebagian dari saya pun ada sisi pecinta makanannya, oleh karenanya pada kunjungan pertama saya ke Makau dan Hong Kong pastinya saya mengeksplor berbagai makanan yang enak-enak di Makau dan Hong Kong. Mulai dari egg tart di Makau sampai dengan berbagai makanan olahan mie di Hong Kong yang lezat telah memuaskan saya di kunjungan kali ini.

Perjalanan saya dimulai dari kota cantik Makau. Saya selalu terpesona dengan kota ini. Bagi saya, Makau punya pesona tersendiri dimana kala malam kota ini menjadi Vegasnya Asia tapi di siang hari kota ini menunjukkan sisi otentiknya dimana dari bentuk bangunan maupun makanan yang di jual dijalanan mempunyai cerita sejarah yang panjang.

Mari kita mulai perjalanan kuliner kita dari Makau…

Tai Lei Loi Kei

Tai Lei Loi Kei adalah salah satu tempat makan yang didirikan di 1968 di Makau. Tempat makan ini sesuai umurnya telah menemani sejarah Makau dengan signature dish-nya yaitu Pork Chop Bun.

Pork Chop ala Tai Lei Loi Kei ini lembut dan dihidangkan dengan rasa yang otentik masa lalu sampai ketika kita memakannya pun pasti terasa berbeda dengan olahan pork chop modern. Sedangkan untuk rotinya tidak terlalu crispy tapi sangat lezat. Kita harus berhati-hati ketika memakannya karena terkadang tulang di dalam daging dipotong agak tajam.

Saat ini kita dapat menikmati Tai Lei Loi Kei di beberapa tempat di Makau. Sebuah food stall di dalam Venezia  Casino menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi warga lokal Makau. Meski agak mahal untuk Pork Chop Bun senilai 68 HKD tapi hidangan ini musti dicoba kalau kita pergi ke Makau.

Tai Lei Loi Kei - Food Stall
Tai Lei Loi Kei – Food Stall
Pork Bun Tai Lei Loi Kei (68 MOP)
Pork Bun Tai Lei Loi Kei (68 MOP)

Lord Stow’s Egg Tart

Ini dia salah satu hidangan yang terkenal di seantero Makau. Egg tart dari Lord Stow’s Cafe. Rasanya tidak afdol jika kamu pergi ke Makau tanpa makan egg tart khususnya Lord Stow’s egg tart ini.

Lord Stow’s Egg Tart ini berawal dari Colloane Village di selatan Makau. Disana masih terdapat cafe kecil, Lord Stow’s Cafe yang selalu penuh dikunjungi warga lokal maupun turis. Letaknya yang berada di pinggir laut makin menjadikan suasana ketika menyantap egg tart menjadi nyaman.

Egg tart disini mempunyai perpaduan yang pas dari asin, lembut dan rasa creamy telur di dalamnya. Menjadi sangat pas ketika menikmatiegg tart ditemani dengan secangkir teh atau kopi. Ketika berkunjung ke tempat ini, saya membeli 3 egg tarts (9 HKD/egg tart) dan segelas Baileys Coffee dingin yang sangat terasa Baileysnya seharga 32 HKD.

Meskipun Lord Stow’s sudah menjadi salah satu ikon makanan di Makau, kini Lord Stow’s egg tart mempunyai pesaing kuat yaitu The Margareth’s egg tart.

Lordstow - Egg tart (9 HKD)
Lordstow – Egg tart (9 HKD)
Lordstow - Baileys Coffee (32 HKD)
Lordstow – Baileys Coffee (32 HKD)

Margareth’s Cafe

Tahu dari teman kantor lama saya, maka saya pun berhasil menemukan Margareth’s Cafe. Awalmya saya ragu apakah saya menemukan Margareth’s Cafe yang benar karena letaknya yang berada diantara himpitan bangunan apartemen dan akses yang bukan di jalanan utama. Tapi keraguan saya hilang ketika melihat antrian panjang yang mengantri untuk membeli egg tart Margareth’s Cafe seharga 8 HKD per satu egg tart. Dan cukup dalam 20 menit, kami menghabiskan 6 buah egg tart yang kami beli karena rasanya yang gurih dan lezat sekali.

Konon menurut kisah yang saya baca di internet, Margareth adalah istri dari Lord Stow, pria dibalik kelezatan Lord Stow’s egg tart. Mungkin Margareth berhasil belajar bagaimana membuat egg tart yang enak dan menyempurnakannya (imajinasi yang berlebihan…. lol)

Margareth Cafe - Egg tart (8 HKD)
Margareth Cafe – Egg tart (8 HKD)

Seng Cheong

Untuk yang ini, saya harus mengakui hidangan yang disajikan memang enak banget tapi juga mahal sekali.

Seng Cheong resto terletak di Taipa Village. Tempat ini adalah salah satu Chinese resto yang cukup tua di Makau. Saya mendengar salah satu hidangan terbaiknya adalah Udang Masak Telur Asin.

Kisah lucu ketika membeli makanan di tempat ini adalah ketika saya baru tahu bahwa menu makanannya hanya ditulis dengan tulisan mandarin. Jadi akhirnya saya memesan dengan cara menunjuk-nunjuk gambar. Kali ini saya mencoba untuk memesan King Prawn Salted Egg dan 1 menu sayur. Saya sadar untuk menu udang telur asin rasanya harga sesuai beratnya karena di menunya tidak ada angka yang menunjukkan harganya (tidak seperti sayuran yang saya pesan harganya ada yaitu 45 HKD)

Begitu makanan datang memang rasa dari udang telur asinnya selangit. Enak bangett…. tapi begitu bayar jadi kurang gimana rasanya karena untuk 4 ekor King Prawn salted egg dihargai 520 HKD :p

Awalmya saya curiga kalau saya di tipu tapi ternyata benar harga King Prawn cukup mahal apalagi Seng Cheong ternyata salah satu resto terkenal yang dikunjungi orang ternama dan selebritis lokal (mungkin satu hari nanti saya akan jadi selebritis… hahaha)

King Prawn - Seng Cheong (520 HKD)
King Prawn – Seng Cheong (520 HKD)
Vegetables - Seng Cheong (45 HKD)
Vegetables – Seng Cheong (45 HKD)

Sekarang mari kita berpindah ke Hong Kong

Mak’s Noodle

Resto ini adalah salah satu chain resto di Hong Kong. Menurut buku menu, resto ini didirikan di tahun 1920. Spesial menu di Mak’s Noodle adalah aneka olahan mie wonton, mie yang dibuat kecil-kecil mirip bihun.

Kali ini saya memesan beef brisket noodle in soup yang menjadi salah satu menu andalan Mak’s Noodle. Dagingnya terasa lembut dan lezat dipadu dengan kuah yang terasa lebih manis dibanding menu wonton in soup yang lebih terasa asin dan gurih.

Mak’s Noodle - Beef Brisket Noodle in Soup (38 HKD)
Mak’s Noodle – Beef Brisket Noodle in Soup (38 HKD)
Mak’s Noodle - Wonton Noodle in Soup (35 HKD)
Mak’s Noodle – Wonton Noodle in Soup (35 HKD)

Tsui Wah

Salah satu hidangan tradisional di Hong Kong adalah pineapple bun (meskipun ga ada selai nanas atau rasa nanas di rotinya).

Saya mencicip pertama kalinya pineapple bun di resto Tsui Wah ini. Rasanya enak tapi saya yakin ada resto di Hong Kong yang menjual pineapple bun sebagai signaturenya. Tsui Wah juga menghidangkan banyak menu lain yang rekomen untuk dicoba. Menu seperti breakfast spicy pork cube with imstant noodle seharga 39 HKD adalah salah satu menu yang rekomen dicoba. Rasa supnya cukup unik dan mempunyai rasa yang kuat dan spicy pork cube juga enak dan empuk.

Tsui Wah - Pineapple Bun with Iced Butter (28 HKD)
Tsui Wah – Pineapple Bun with Iced Butter (28 HKD)
Tsui Wah - Breakfast Crispy Bun and Tea (20 HKD)
Tsui Wah – Breakfast Crispy Bun and Tea (20 HKD)
Tsui Wah - Breakfast Spiced Pork Cube with Instant Noodle in Soup (39 HKD)
Tsui Wah – Breakfast Spiced Pork Cube with Instant Noodle in Soup (39 HKD)

N.O.T Specialty Coffee

Hong Kong juga terkenal dengan banyaknya coffee shop. Salah satu coffee shop yang terkenal adalah NOT Specialty Coffee di area Wan Chai. Terletak di bagian depan sebuah gedung kantor, tempat ini selalu penuh di pagi hari dengan orang-orang yang minum kopi bersama kolega kantor atau bersama teman. Meskipun NOT Specialty Coffee boleh dibilang sempit tempatnya tapi rasa kopinya boleh dibilang ‘sangat luas’. Menghidangkan kopi jenis arabica, NOT Specialty Coffee tidaklah terlalu asam dan enak rasanya.

NOT Specialty Coffee - Flat White (42 HKD)
NOT Specialty Coffee – Flat White (42 HKD)

Chiu Hing

Mie adalah makanan sehari-hari di Hong Kong. Hampir semua resto mempunyai hidangan mie untuk dijual.

Chiu Hing restaurant adalah salah satu resto yang terkenal dengan olahan fish ball with rice noodle-nya. Menu bakso ikan dan mie ini dihidangkan dengan sup bening tapi gurih. Jujur memang menu ini sangat rekomen dicoba karena baik bakso ikannya yang lembut maupun mie dan sup yang lezat pantas untuk dipesan ketika berada di resto ini.

Menu lain yang boleh dicoba adalah beef brisket with rice seharga 61 HKD. Potongan dagingnya terasa lezat dipdu dengan sayur dan sup.

Chiu Hing - Fish Ball with Rice Noodle (38 HKD)
Chiu Hing – Fish Ball with Rice Noodle (38 HKD)
Chiu Hing - Special Beef Brisket with Rice (61 HKD)
Chiu Hing – Special Beef Brisket with Rice (61 HKD)

Delicious Kitchen

Daging babi mungkin adalah daging yang paling banyak di hidangkan di Hong Kong. Delicious Kitchen di area Causeway Bay adalah salah satu resto yang menghidangkan pork chop. Tempat ini terletak disebuah distrik belanja di area Causeway Bay.

Meskipun mendapat rating terbaik di salah satu aplikasi penemuan lokasi, rasanya pork chopnya bagi saya terasa terlalu modern dan biasa seperti kebanyakan resto modern. Bukan tidak enak tapi biasa saja rasanya dan agak pricy.

Delicious Kitchen - Pork Ribs with Veggie Rice (45 HKD)
Delicious Kitchen – Pork Ribs with Veggie Rice (45 HKD)
Delicious Kitchen - Sliced Eel with Veggie Rice (65 HKD)
Delicious Kitchen – Sliced Eel with Veggie Rice (65 HKD)

Tai Hing

Resto ini adalah resto yang paling saya sering kunjungi untuk makan pagi. Bukan hanya karena harganya yang reasonable tapi juga rasa dan porsinya enak dan cukup besar… hehe.

Tai Hing juga adalah chain restaurant yang tersebar di seluruh Hong Kong jadi kita mudah menemukan salah satu resto ini di Hong Kong.

Untuk menu makan pagi, menu spesial di Tai Hing adalah self made glutinous rice with chicken (37 HKD) dan luncheon meat and scramble eggs instant noodle (37 HKD). Kedua menu ini dihidangkan dengan pilihan teh susu atau kopi.

Kalian harus mencoba karena setiap kali saya ke resto ini selalu penuh di pagi hari.

Tai Hing - Self made Glutinous rice with chicken (37 HKD)
Tai Hing – Self made Glutinous rice with chicken (37 HKD)
Tai Hing - Luncheon meat and scramble eggs instant noodle (37 HKD)
Tai Hing – Luncheon meat and scramble eggs instant noodle (37 HKD)

Mc Donald’s Kowloon Park

Agak biasa kedengaranya untuk memasukkan di tulisan kali ini tapi es krim strawberry McD di Kowloon Park ini memang enak. Terletak di tengah taman, kita dapat membeli es krim ini seharga 5 HKD.

Menikmati es krim strawberry ini terasa pas sambil menghabiskan waktu bersantai di Kowloon Park 🙂

McD Strawberry Ice Cream (5 HKD)
McD Strawberry Ice Cream (5 HKD)

Nam Kee

Beberapa kali saya melewati jaringan resto Nam Kee ketika berkeliling di Hong Kong. Saya pun penasaran untuk mencoba menu di resto ini dan akhirnya saya mencoba masuk di salah satu resto Nam Kee di area Causeway Bay. Saya memesan spicy pork round rice noodle seharga 38 HKD dimana untuk rasa supnya sangat kaya dengan rempah dan berbeda dengan sup untuk olahan mie yang saya coba di Hong Kong. Disini juga tersedia self service machine yang bisa dipakai untuk memesan menu lalu yang kita perlukan adalah mengantri sesuai nomor.

Namkee - Spicy Pork Round Rice Noodle (38 HKD)
Namkee – Spicy Pork Round Rice Noodle (38 HKD)

Pizza Express, HKIA

Salah satu tantangan ketika berada di HKIA adalah menemukan resto yang tidak ada antrian panjang apalagi ketika perut kita lapar.

Pizza Express mungkin jadi salah satu pilihan resto yang rekomen dicoba karena biasanya antrian tidak terlalu panjang. Hal ini mungkin karena letak resto ini berada di pojok.

Aneka pilihan menu ala Italia tersedia di Pizza Express namun hidangan terenak buat saya adalah baked dough balls served with garlic butter and basil pesto seharga 48 HKD. Meskipun hanya side dish tapi menu ini patut dicoba.

Pizza express - Baked Dough Balls Served with Garlic Butter and Basil Pesto (48 HKD)
Pizza express – Baked Dough Balls
Served with Garlic Butter and Basil Pesto (48 HKD)
Pizza Express - Pizza
Pizza Express – Pizza
Tempat Makan Enak di Makau dan Hong Kong
Tagged on:                                             

2 thoughts on “Tempat Makan Enak di Makau dan Hong Kong

  • May 31, 2018 at 9:13 am
    Permalink

    wah mantabsss nih kak, aku catetin semua buat bekal kalau nanti aku ada trip ke sini. seru banget lhoooo

    Reply
    • June 12, 2018 at 6:30 am
      Permalink

      iya enak enak makanannya kak… kudu coba 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *