National Orchid Garden
Featured,  Singapore

Tempat Wisata Ramah Orang Tua di Singapura

National Orchid Garden
National Orchid Garden

Layaknya gerhana bulan dimana sinar matahari tertutup bumi sehingga bulan tidak menerima sinar matahari, maka belakangan ini ide menulis saya seperti tertutup dan sudah hampir sebulan tidak menulis. Konon siklus gerhana bulan sendiri mempengaruhi cuaca termasuk di Indonesia dimana di sepanjang pantai selatan terjadi fenomena gelombang laut yang tinggi. Mulai dari pesisir Jogjakarta sampai Bali karena gelombang cukup tinggi maka pengunjung dilarang berenang di laut. Apa mungkin saya juga terpengaruh siklus gerhana bulan? #mulaierror

Kali ini saya tidak akan panjang lebar cerita tentang gerhana bulan, tapi ingin share tentang tempat-tempat wisata di Singapura yang ramah untuk orang tua. Terkadang bagi sebagian dari kita akan menjadi tantangan tersendiri untuk mengajak orang tua yang mungkin sudah tidak kuat jalan jauh. Singapura apalagi dikenal untuk biaya taksinya diatas rata-rata taksi di Indonesia jadi mau tidak mau harus menaiki transportasi umum. Belum lagi jika di tempat wisata yang kita kunjungi perlu berjalan cukup jauh untuk menikmatinya. Demikian juga pengalaman saya terakhir ketika pergi ke Singapura dengan kedua orang tua. Menjadi tantangan sendiri untuk mempersiapkan tempat wisata mana yang akan dikunjungi yang tidak terlalu membuat capek sehingga orang tua dapat menikmati bepergian ke Singapura kali ini.

1. Garden By The Bay

Pilihan pertama saya jatuhkan untuk kami dapat mengunjungi salah satu ikon Singapura yaitu Garden By The Bay. Dengan berbekal tiket masuk untuk 2 Dome yang kami beli dari Traveloka.com seharga IDR 242,000 (konon ini sudah diskon) maka kami sekeluarga berniat ke Garden By The Bay sekitar setengah harian.

OCBC Skyway
OCBC Skyway

Nah, bagi pembaca yang udah pernah ke Garden By The Bay baik ke Flower Dome atau Rain Forest Dome maka tahu donk jarak yang harus ditempuh. Tugas berikutnya adalah mencari tahu apakah ada fasilitas kursi roda yang bisa di sewa dan ternyata… ADA.

Langsung cari tahu di official websitenya Garden By The Bay dan berbagai sumber di internet maka kami tahu bahwa kursi roda bisa di sewa dengan biaya SGD 2 untuk seharian (sampe jam 9 malam).

Cloud Forest Dome
Cloud Forest Dome

Setiba saya di area lobby pengunjung maka saya mencari tahu dimana letak Tourist Information dan ternyata mudah ditemukan karena berada di seberang Tickecting Area. Setelah masuk ruangan saya lapor ke petugas untuk menyewa kursi roda. Petugas pun meminta saya menyerahkan passport dan dia membantu untuk mengisikan form yang ada lalu kemudian saya tanda-tangani.

Cukup mudah dan make sense dari sisi harga sekitar IDR 20ribuan untuk seharian. FYI, ada juga untuk penyewaan stroller untuk balita.

Yang unik adalah kita dapat membawa kursi roda yang kita sewa ke seluruh area yang ada di Dome jadi kita yang muda tinggal dorong kursi roda dan orang tua tinggal duduk untuk melihat seluruh bagian di kedua dome Garden By The Bay sampai ke OCBC Sky Bridge juga.

2. Singapore Botanic Garden

Tempat kedua yang jadi pilihan kami kali ini adalah Singapore Botanic Garden. Berhubung Ibu saya suka lihat bunga-bungaan maka saya ajak ke Singapore Botanic Garden dengan target mengunjungi National Orchid Garden. Sebagai informasi untuk pembaca kalau berkunjung ke Singapore Botanic Garden tidak ada biayanya tapi untuk masuk National Orchid Garden ada biaya tiket masuk SGD 5 per orang.

National Orchid Garden
National Orchid Garden

Nah, Singapore Botanic Garden ini bahkan lebih luas dari pada Garden By The Bay dan tidak ada fasilitas shuttle dari area pintu masuk untuk ke tengah area Singapore Botanic Garden.

Sama dengan area Garden By The Bay bahwa dari internet saya dapat informasi kalau di tempat ini juga peminjaman kursi roda. Yang luar biasa adalah di Singapore Botanic Garden kita bisa pinjam kursi roda dengan cuma-cuma … ya gratis tanpa biaya. Kita cukup datang ke salah satu Visitor Center dan nantinya kita mengembalikannya lagi di Visitor Center terdekat dengan pintu keluar kita.

So, enak bangetkan buat orang tua dapat menikmati dan tidak kecapean. Meskipun buat yang muda harus mendorong kursi rodanya tapi kalau lihat orang tua bisa menikmati dan senang ketika kita ajak jalan-jalan ke Singapura pasti lelah kita hilang.

Buat pembaca yang punya rekomendasi tempat wisata lain yang cocok untuk ajak orang tua boleh di share ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *