Gunung Fuji dari Pesawat
Gunung Fuji dari Pesawat

Mencoba mengikuti gaya hidup orang lokal ketika kita mengunjungi tempat baru selalu seru. Tak jarang kita bisa belajar hal baru yang berguna buat kita sendiri di waktu mendatang atau juga bisa kita bagikan ke teman yang akan mengunjungi tempat yang sama.

Beberapa tips and trick selama di Jepang yang saya temukan mungkin bisa menjadi catatan bagi pembaca yang sudah pernah ke Jepang tapi belum tahu atau buat pembaca yang baru pertama kali ke Jepang.

Motret Gunung Fuji dari Pesawat dan Shinkansen

Tidak lama ketika kita telah memasuki wilayah udara Jepang, maka jika kita duduk di sebelah kiri pesawat maka kita bisa melihat Gunung Fuji dari atas. Ngga perlu repot bayar atau antri melihat tinggal kita bisa menikmati pemandangan dari atas melihat puncak Gunung Fuji yang tertutup salju.

Fuji from Shinkansen
Fuji from Shinkansen

Selain mengambil foto Gunung Fuji dari pesawat, maka kita juga bisa mengabadikan Gunung Fuji ketika kita naik Shinkansen dari Tokyo menuju Osaka/Kyoto atau sebaliknya. Jika dari Tokyo maka mungkin sekitar 40-60 menit perjalanan kita sudah dapat melihat Gunung Fuji tepatnya jika kita duduk di sebelah kanan kereta Shinkansen. Dan begitu juga sebaliknya jika dari Osaka/Kyoto menuju Tokyo maka Gunung Fuji ada di sebelah kiri kereta Shinkansen.

Jika ingin memastikan tidak kehilangan momen maka silahkan menggunakan aplikasi pemetaan yang ada di ponsel atau gadget kita agar tahu apakah sudah dekat dengan Gunung Fuji atau belum.

Menitipkan Bagasi di Coin Locker

Berlibur lama di Jepang pastinya kita akan membawa entah ransel carrier atau juga koper untuk baju dan barang kebutuhan lain selama di Jepang. Tak jarang hal ini membuat kita kerepotan apalagi jika kita berpindah-pindah kota dan baru bisa masuk ke penginapan setelah makan siang. Namun, tidak perlu khawatir karena hampir di setiap stasiun kereta di Jepang ada yang namanya coin locker dimana kita hanya tinggal memasukkan bagasi ke loker lalu memasukan koin ke tempat yang disediakan dan mengunci loker serta mencabut anak kunci untuk kita bawa. Harga sewa cukup beragam dari mulai 300 yen untuk loker yang kecil sampai 700 yen yang muat untuk koper yang besar. Satu catatan mengenai coin locker ini adalah biasanya loker ini hanya bisa menerika koin pecahan 100 yen. Sehingga jika kita tidak punya pecahan 100 yen sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu sebelum sampai di loker penitipan ini meskipun di beberapa stasiun ada juga mesin penukar uang yang akan memudahkan kita.

Coin Locker
Coin Locker
Mesin Untuk Menukar Uang
Mesin Untuk Menukar Uang

Menikmati Keramaian Shibuya dan Ginza

Jika kita berada di Tokyo maka Shibuya dan Ginza tentunya menjadi tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan karena keduanya adalah trademark kota Tokyo yang dikenal dengan persimpangan jalan dimana semua orang dari seluruh penjuru akan saling berseliweran menyebrangi persimpangan besar yang ada. Tidak jarang dari kita yang sambil menyeberang kita juga mengabadikannya melalui ponsel atau gadget kita. Atau pilihan lain adalah menikmati momen keramaian sambil minum kopi. Untuk di Shibuya maka kita bisa menikmatinya di Starbucks yang letaknya di seberang Hachiko exit sedangkan untuk di Ginza, kita bisa menikmatinya dari tempat yang bernama Drip Coffee.

Starbuck Shibuya
Starbuck Shibuya

Efektifkan 1-Day Pass City Tour

Di beberapa kota di Jepang tersedia paket 1-Day Pass City Tour dimana jika dipakai secara maksimal akan jauh lebih murah daripada secara terpisah membeli tiket masuk tempat wisata atau tiket bus. Seperti pengalaman saya kemarin waktu di Nara, dengan membeli paket 1-Day Pass City Tour maka saya dengan bebas untuk diantar ke beberapa tempat wisata wajib selama di Nara. Pesan saya adalah sesuaikan dengan keinginan Anda ketika mengunjungi kota tersebut mau kemana saja dan untuk berapa lama kita berada di kota tersebut.

Nara City Tour Pass
Nara City Tour Pass

Membeli Oleh-Oleh dan Souvenir

Ada beberapa tempat yang saya rekomendasikan jika Anda membeli oleh-oleh berupa makanan atau souvenir:

– Tokyo Banana (pilihan lebih lengkap daripada di bandara): Daimaru Mall di dekat Tokyo Station – jika hanya yang standard maka beli saja di bandara setelah imigrasi ada banyak dan lebih murah

– Kit-Kat (aneka rasa mulai green tea, sake, wasabi): Di bandara aja lengkap sedangkan di luar biasanya hanya rasa standard dan green tea

– Souvenir: Nishiki Market (Kyoto), Asakusa dan Harajuku (Tokyo)

– Barang-barang Premium: Gotemba Premium Outlet (3 jam dari Tokyo naik kereta)

– International Liquor: Ini agak susah karena di dalam bandara kebanyakan jualannya aneka pilihan sake. Sedangkan kalau beli dari luar bandara untuk yang liquor international akan lebih mahal.

Kit Kat
Kit Kat
Tokyo Banana
Tokyo Banana
Sake
Sake
Trip Jepang – Tips Jalan ke Jepang

Leave Your Commentary

Translate »