Taman Air Sunyaragi
Taman Air Sunyaragi

Kala weekend escape di sekitaran Jakarta sudah menjadi terlalu mainstream, beberapa pilihan tempat baru sekarang sudah mudah diakses dan waktu tempuhnya sama dengan tempat wisata yang sudah lama dikenal buat jadi tujuan weekend escape warga Jakarta.

Belum lama ini saya dan keluarga memutuskan ‘nyoba’ dolan ke kota udang, Cirebon. Sebenarnya motivasi awalnya adalah nyobain jalan tol baru Cipali yang sebenarnya sudah cukup lama diresmikan. Tapi kunjungan kali pertama ke kota Cirebon ternyata ga mengecewakan. Berbagai tempat (* baca: resto) berhasil kami kunjungi meski dalam waktu singkat.

Cirebon
Cirebon

Dan beruntung buat kami bisa mengunjungi beberapa tempat yang memang tempat makan yang direkomendasikan banyak orang.

1. Empal Gentong Amarta

Empal gentong Amarta sudah terkenal buat warga Cirebon sendiri. Hal ini dibuktikan ketika saya sempat mengisi bahan bakar tak jauh dari pintu keluar tol ke Cirebon, petugas pengisi bahan bakar merekomendasikan resto ini untuk dicoba.

Empal Gentong Amarta
Empal Gentong Amarta

Letak Empal Gentong Amarta sendiri mudah ditemukan karena berada di jalan utama menuju ke pusat kota jika kita menempuh perjalanan dengan mobil.

Soal rasa sendiri ternyata memang enak banget. Daging sapi yang lembut (tidak alot sama sekali) bikin ketagihan buat makan lagi empal gentong Amarta.

2. Nasi Jamblang Mang Ndul

Nasi Jamblang Mang Ndul adalag salah satu tempat makan yang menyajikan makanan lokal, nasi jamblang. Nasi jamblang sendiri buat saya mirip macam sajian angkringan di Jawa Tengah. Jadi Nasi Jamblang itu adalah nasi yang dibungkus daun jamblang plus lauk yang bisa kita pilih sendiri. Lauk yang disajikan ada banyak mulai dari tempe goreng, telur, sate ampela, sate udang dan lain lain.

Nasi Jamblang Mang Ndul
Nasi Jamblang Mang Ndul

3. Batik Kitchen

Salah satu yang terkenal dari kota Cirebon adalah batiknya. Adapun daerah sentra batik terkenal di Cirebon adalah daerah Trusmi.

Di salah satu pojok daerah Trusmi ini ada yang namanya Batik Kitchen yang mengangkat konsep semi cafe. Sajian menu mulai makanan berat, side dish, kopi dan aneka ice cream bisa kita coba disini. Ambience resto Batik Kitchen pun cukup unik.

Batik Kitchen
Batik Kitchen

4. Empal Gentong Hj. Tasiyah

Salah satu tempat makan dengan nama depan “Empal Gentong” adalah Empal Gentong Hj. Tasiyah. Disini saya makan makanan lokal khas Cirebon yaitu Nasi Lengko.

Jika dilihat, tempat makan ini sangat terkenal karena di dinding restonya dipasang foto pemilik resto dengan beberapa artis terkenal Indonesia.

Nasi Lengko Hj. Tasiyah
Nasi Lengko Hj. Tasiyah

5. Mie Koclok Panjunan

Salah satu makanan khas Cirebon lainnya adalah mie koclok. Salah satu tempat yang terkenal untuk makan mie koclok adalah Mie Koclok Panjunan yang letaknya di utara kita Cirebon.

Mie Koclok Panjunan
Mie Koclok Panjunan

Mie koclok adalah mie yang disiram dengan kuah santan yang dicampur dengan tepung. Rasanya sangat unik dan tradisional, namun kadang untuk mie koclok ini kurang masuk di kebanyakan selera wisatawan lokal dari luar area Cirebon.

Selain makanan lokal yang rekomen buat dicoba, ada pula tempat wisata yang bisa didatangi. Mulai dari beberapa bangunan keraton sampai dengan sebuah taman air jaman dulu bernama Gua Sunyaragi.

Kali ini saya mendatangi Gua Sunyaragi, dimana letaknya berada di outer ringroad kota Cirebon. Tidak jauh dan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10ribu dan kita sudah bisa menikmati bangunan Gua Sunyaragi yang unik dan menarik.

Taman Sari Sunyaragi
Taman Sari Sunyaragi
Gua Sunyaragi
Gua Sunyaragi
Weekend Escape – Tempat Makan Enak di Cirebon dan Gua Sunyaragi

3 thoughts on “Weekend Escape – Tempat Makan Enak di Cirebon dan Gua Sunyaragi

  • September 6, 2016 at 6:39 pm
    Permalink

    Ga ada yang jual mi koclok di jakarta ya sayangnya, kalo gw demen banget. Gurih meler2 gitu kayak ingus *eh

    Reply
    • September 6, 2016 at 10:04 pm
      Permalink

      Hahaha… Jorok euy :p

      Reply
  • February 22, 2017 at 8:35 pm
    Permalink

    Nasi Lengko Hj Tasiyah, pake title nya Empal Gentong Hj. Tasiyah.. missprint? lol..

    Reply

Leave Your Commentary

Translate »