Dawn at Cavenagn Bridge
Dawn at Cavenagn Bridge

Jalan-jalan ke Singapura kadang identik dengan biaya yang cukup mahal yang harus dikeluarkan untuk masuk ke tempat wisatanya, beli makanan atau sekedar beli air mineral. Tapi tahukah kalian bagi kita yang memang ingin berkunjung ke Singapura namun budgetnya terbatas atau kita memang ingin menghemat uang, ada kok tempat wisata gratis yang bisa kunjungi dan ga kehilangan esensi dolan ke Singapura-nya. So, inilah beberapa destinasi gratis yang bisa kita kunjungi kalau kita ke negara Singapura.Destinasi pertama yang terbilang jarang dikunjungi orang tapi ternyata untuk masuknya tidak ada biaya alias gratis adalah…. Singapore National Museum.

1. Singapore National Museum

Tempat ini adanya diatasnya Bras Basah MRT Station. Disini kita bisa melihat sejarah negara ini dari masa ke masa baik itu penduduknya yang ternyata banyak sekali etnis yang mendiami negara ini mulai dari etnis cina, india atau juga ada etnis melayu dan di masa modern orang dari negara barat juga menjadi warga negara Singapura.

Dan bagi kita yang beruntung terkadang ada pameran skala internasional dimana barang koleksi yang dipajang beberapa ada yang sangat terkenal di dunia. Dan yang pasti berhubung tempat ini tidak menjadi destinasi umum wisata di Singapura, biasanya cenderung tidak terlalu ramai saat kita ke tempat ini. So, kita bisa sangat enjoy menikmati koleksi dan arsitektur bangunan dari museum ini.

Singapore National Museum
Singapore National Museum
National Museum
National Museum
Inside Museum
Inside Museum

2. Marina Barrage

Bendungan milik negara Singapura ini ternyata bisa menjadi destinasi wisata alternatif dan pastinya gratis. Disini kita bisa melihat bagaimana sejarah bendungan yang konon dibangun untuk mengatasi masalah banjir di Singapura. Mulai dari awal pembangunan sampai dengan mekanisme kerja dari bendungan ini sendiri ditampilkan untuk menjadi informasi yang berguna bagi orang yang berkunjung ke tempat ini.

Marina Barrage

3. Garden By The Bay

Garden By The Bay
Garden By The Bay

Tempat wisata yang cukup dikenal ini ternyata hanya seperjalanan dari Marina Barrage *melalui jalanan di tepi Singapore River. Di Garden By The Bay sendiri, sebenarnya kita bisa berjalan-jalan sambil melihat berbagai tanaman yang kadang tidak pernah kita jumpai. Saran saya untuk mengunjungi tempat ini sebaiknya jelang sore jadi tidak terlalu panas. Bagi yang pengen masuk kedua Dome yang ada di tempat ini maka kalian harus merogoh kocek untuk biaya masuk. Namun, buat saya cukup worthed untuk masuk ke dalam dua Dome yang ada.

3. Henderson Wave Bridge

Tempat ini boleh dikatakan sangat jarang sekali dikunjungi, bahkan oleh warga lokal Singapura. Jembatan yang menghubungkan dua bukit yang tinggi ini biasa dipakai untuk tempat jogging dari orang-orang tua di Singapura. Dan bagi orang Indonesia, biasanya tempat ini buat foto-foto khususnya prewed. *tetep ya kalau orang Indo lebih ke foto-foto…. hehe

4. Area terbuka Vivocity Mall

Kalau kita berkunjung ke Vivocity Mall, tepatnya di lantai paling atas maka kita akan menemui ruang terbuka yang dipenuhi dengan berbagai patung dan kita bisa melihat Sentosa Island dari kejauhan. Paling indah ke tempat ini saat malam ketika lampu-lampu di Sentosa Island sudah menyala.

Vivocity-Statues
Vivocity-Statues
Playground-at-Vivo
Playground-at-Vivo

5. Changi Airport

Bandara yang satu ini rasanya tidak diragukan lagi reputasinya. Dan saat ini rasanya Changi Airport telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata unik yang ada di Singapura. Dari mulai taman hijau, tempat bermain bagi anak-anak dan juga kecanggihan teknologi yang ada menjadi daya tarik sendiri untuk dieksplor. Berikut adalah posting dari rekan blogger yang telah mengeskplor Changi Airport -> debbzie.com

02-changi

Selain 5 tempat yang saya sebutkan di atas masih banyak tempat di Singapura yang gratis dikunjungi, seperti area Cavenagn Bridge, area Esplanade yang di waktu malam sering ada live music, Singapore Botanic Garden, Changi Boardwalk, dan lain lain.

Wisata Gratis Singapura

25 thoughts on “Wisata Gratis Singapura

    • March 21, 2015 at 9:18 am
      Permalink

      Butullll … Hehee

      Reply
    • April 2, 2015 at 5:31 am
      Permalink

      ahahaha, setuju sama om danan~ e tapi yang paling pengen saya datengi itu Singapore National Museum ternyata gratis :O

      Reply
      • April 2, 2015 at 1:39 pm
        Permalink

        Iya kak coba deh kesana

        Reply
  • March 23, 2015 at 3:21 pm
    Permalink

    Wahhh, baru ngeh kalo postingan tentang Changi di link di sini. Thanks ya, Andre 🙂
    Btw berkali2 ke Singapore tapi aku blum pernah ke National Museum lho >.<
    Next trip kudu banget mampir nih, looks like an interesting place ya 😀

    Reply
    • March 23, 2015 at 11:01 pm
      Permalink

      Hehe… Yupe harus coba kesana 🙂

      Reply
  • March 24, 2015 at 11:55 pm
    Permalink

    Saya belum pernah ke Henderson Wave Bridge~
    Malam kayanya bakal ada lightings gitu yaaa…pasti indah…!

    Reply
    • March 25, 2015 at 1:02 am
      Permalink

      Ya betul ada lightingnya… 🙂

      Reply
    • March 31, 2015 at 8:01 am
      Permalink

      Pasti bisa kalau kita bisa menabung 🙂

      Reply
  • March 28, 2015 at 1:01 am
    Permalink

    Waah baru tahu ttg Henderson Waves Bridge.. pengen kesana aaah…

    Reply
    • March 28, 2015 at 1:17 am
      Permalink

      Yupe jarang dikunjungi tempat itu… 🙂

      Reply
  • March 28, 2015 at 9:48 am
    Permalink

    Aku dua kali ke Singapura gagal terus ke Henderson Bridge. Yang pertama karena belum tau, yang kedua karena.. hujan!!! Dan nggak reda-reda. Padahal udah disiapkan dengan matang.

    Chinatown, Little India, dan taman-tamannya yang seabrek itu juga gratis, kak. Ehehe.

    Reply
    • March 28, 2015 at 11:03 am
      Permalink

      Hehehe… Lain kali harus dicoba 🙂

      Reply
    • April 9, 2015 at 10:33 pm
      Permalink

      Yupe betul kak… 🙂

      Reply
  • April 15, 2015 at 3:19 pm
    Permalink

    Horeee udh pernah ke Henderson Waves Bridge. Malamnya yg belum. Eh kak, aku kira Singapore National Museum itu bayar lho… Oh ya, ke National Library juga free koq tapi jgn lupa bawa pasport.

    Reply
    • April 15, 2015 at 10:04 pm
      Permalink

      Lihat di webnya ternyata untuk foreigner bayar. Ga tau waktu itu soalnya pas masuk juga ga ditanya tiketnya. Dulu cuma beli tiket special exhibition SGD 10… Hahaha

      Reply
  • April 20, 2015 at 5:35 am
    Permalink

    Saya dulu ketika berkesempatan ke Singapura dari KL cuma mendekam di Marina Bay karena ga sampai semalam dan budget terbatas hahaha.

    Reply
    • April 21, 2015 at 1:20 am
      Permalink

      Wah sayang banget lain kali coba deh explore yang gratisan 🙂

      Reply
    • April 29, 2015 at 1:21 pm
      Permalink

      Terima kasih mba

      Reply
    • May 21, 2015 at 12:21 am
      Permalink

      Iya betul juga… Hahahaha

      Reply

Leave Your Commentary

Translate »