Singapore National Museum
Singapore

Wisata Gratis Singapura

Dawn at Cavenagn Bridge
Dawn at Cavenagn Bridge

Jalan-jalan ke Singapura kadang identik dengan biaya yang cukup mahal yang harus dikeluarkan untuk masuk ke tempat wisatanya, beli makanan atau sekedar beli air mineral. Tapi tahukah kalian bagi kita yang memang ingin berkunjung ke Singapura namun budgetnya terbatas atau kita memang ingin menghemat uang, ada kok tempat wisata gratis yang bisa kunjungi dan ga kehilangan esensi dolan ke Singapura-nya. So, inilah beberapa destinasi gratis yang bisa kita kunjungi kalau kita ke negara Singapura.Destinasi pertama yang terbilang jarang dikunjungi orang tapi ternyata untuk masuknya tidak ada biaya alias gratis adalah…. Singapore National Museum.

1. Singapore National Museum

Tempat ini adanya diatasnya Bras Basah MRT Station. Disini kita bisa melihat sejarah negara ini dari masa ke masa baik itu penduduknya yang ternyata banyak sekali etnis yang mendiami negara ini mulai dari etnis cina, india atau juga ada etnis melayu dan di masa modern orang dari negara barat juga menjadi warga negara Singapura.

Dan bagi kita yang beruntung terkadang ada pameran skala internasional dimana barang koleksi yang dipajang beberapa ada yang sangat terkenal di dunia. Dan yang pasti berhubung tempat ini tidak menjadi destinasi umum wisata di Singapura, biasanya cenderung tidak terlalu ramai saat kita ke tempat ini. So, kita bisa sangat enjoy menikmati koleksi dan arsitektur bangunan dari museum ini.

Singapore National Museum
Singapore National Museum
National Museum
National Museum
Inside Museum
Inside Museum

2. Marina Barrage

Bendungan milik negara Singapura ini ternyata bisa menjadi destinasi wisata alternatif dan pastinya gratis. Disini kita bisa melihat bagaimana sejarah bendungan yang konon dibangun untuk mengatasi masalah banjir di Singapura. Mulai dari awal pembangunan sampai dengan mekanisme kerja dari bendungan ini sendiri ditampilkan untuk menjadi informasi yang berguna bagi orang yang berkunjung ke tempat ini.

Marina Barrage

3. Garden By The Bay

Garden By The Bay
Garden By The Bay

Tempat wisata yang cukup dikenal ini ternyata hanya seperjalanan dari Marina Barrage *melalui jalanan di tepi Singapore River. Di Garden By The Bay sendiri, sebenarnya kita bisa berjalan-jalan sambil melihat berbagai tanaman yang kadang tidak pernah kita jumpai. Saran saya untuk mengunjungi tempat ini sebaiknya jelang sore jadi tidak terlalu panas. Bagi yang pengen masuk kedua Dome yang ada di tempat ini maka kalian harus merogoh kocek untuk biaya masuk. Namun, buat saya cukup worthed untuk masuk ke dalam dua Dome yang ada.

3. Henderson Wave Bridge

Tempat ini boleh dikatakan sangat jarang sekali dikunjungi, bahkan oleh warga lokal Singapura. Jembatan yang menghubungkan dua bukit yang tinggi ini biasa dipakai untuk tempat jogging dari orang-orang tua di Singapura. Dan bagi orang Indonesia, biasanya tempat ini buat foto-foto khususnya prewed. *tetep ya kalau orang Indo lebih ke foto-foto…. hehe

4. Area terbuka Vivocity Mall

Kalau kita berkunjung ke Vivocity Mall, tepatnya di lantai paling atas maka kita akan menemui ruang terbuka yang dipenuhi dengan berbagai patung dan kita bisa melihat Sentosa Island dari kejauhan. Paling indah ke tempat ini saat malam ketika lampu-lampu di Sentosa Island sudah menyala.

Vivocity-Statues
Vivocity-Statues
Playground-at-Vivo
Playground-at-Vivo

5. Changi Airport

Bandara yang satu ini rasanya tidak diragukan lagi reputasinya. Dan saat ini rasanya Changi Airport telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata unik yang ada di Singapura. Dari mulai taman hijau, tempat bermain bagi anak-anak dan juga kecanggihan teknologi yang ada menjadi daya tarik sendiri untuk dieksplor. Berikut adalah posting dari rekan blogger yang telah mengeskplor Changi Airport -> debbzie.com

02-changi

Selain 5 tempat yang saya sebutkan di atas masih banyak tempat di Singapura yang gratis dikunjungi, seperti area Cavenagn Bridge, area Esplanade yang di waktu malam sering ada live music, Singapore Botanic Garden, Changi Boardwalk, dan lain lain.

25 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *