Hutan Pinus Dlingo
Featured,  Indonesia,  Jogjakarta

Wisata Hutan Pinus Dlingo, Jogjakarta

Hutan Pinus Dlingo - Songgo Langit
Hutan Pinus Dlingo – Songgo Langit

Salah satu tempat kekinian dan instagramable di Jogjakarta adalah jajaran wisata hutan pinus yang ada di kota ini. Salah satu tempat yang menjadi tujuan adalah kawasan Dlingo di selatan Jogjakarta. Dlingo adalah sebuah kawasan perbukitan di bagian selatan kota Jogja yang dulunya berupa hutan pinus murni dan baru belakangan digarap untuk dijadikan kawasan wisata yang cukup menjadi andalan di Jogja selain jajaran pantai cantik di selatan Jawa dan berbagai situs peninggalan masa lalu di pusat kota.

Untuk mencapai kawasan Dlingo maka kita bisa menempuhnya dengan menggunakan mobil / mobil pribadi atau menyewanya di pusat kota Jogja. Sedangkan untuk kendaraan umun rasanya masih belum terlalu banyak. Mengarah ke Imogiri maka perjalanan ke daerah Dlingo tidaklah jauh lagi. Di sepanjang jalan menuju kawasan Dlingo ini maka kita akan melewati rumah-rumah penduduk dan kebun cenderung mirip hutan dengan pepohonan tinggi dan berjajar padat disepanjang jalan menuju hutan pinus Dlingo.

Hutan Pinus Dlingo
Hutan Pinus Dlingo

Di Dlingo sendiri sebenarnya terdapat beberapa area wisata seperti: Kebun Buah Mangunan, Rumah Hobbit atau biasa disebut juga Wisata Seribu Batu Songgo Langit atau ada juga Puncak Becici yang pernah dikunjungi mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Dari berbagai tempat wisata ini untuk tiket masuknya boleh dibilang sangat terjangkau buat kita. Namun, yang perlu diingat bahwa beberapa tempat wisata di hutan pinus Dlingo cukup menjadi tantangan bagi orang tua yang tidak kuat untuk jalan kaki jauh dengan kontur yang naik turun.

Wisata Seribu Batu - Songgo Langit
Wisata Seribu Batu – Songgo Langit

Untuk menyiasatinya ada baiknya untuk orang tua menunggu di beberapa warung makan sederhana milik warga sekitar sambil menyantap aneka pilihan makanan ringan tradisional.

Wisata Seribu Batu - Songgo Langit
Wisata Seribu Batu – Songgo Langit
Rumah Hobbit
Rumah Hobbit

Kawasan hutan pinus Dlingo rasanya akan terus berkembang dan makin lengkap dari sisi fasilitas umum. So, bagi pembaca yang udah biasa datang ke Jogjakarta mungkin hutan pinus Dlingo bisa dijadikan pilihan untuk didatangi bersama keluarga atau teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *