Dagadu Gedong Kuning
Dagadu Gedong Kuning

Tidak perlu bingung kok jika kita ingin beli oleh-oleh yang khas kota Jogjakarta selain daripada makanan seperti bakpia atau gudeg. DaGaDu, begitulah kaos aseli Jogja ini telah lama dikenal dan mungkin saat ini menjadi oleh-oleh otentik khas Jogja yang cukup modern. Dagadu sendiri berasal dari bahasa Jawa yang di ‘putarbalik’ sehingga berarti Matamu *makanya lambangnya adalah mata. Dan kini Dagadu sendiri telah menjelma menjadi sebuah merk besar yang ternyata mulai mempunyai sister and brother brand semacam Omus dan Hiruk Pikuk, serta sebuah usaha lain dibidang makanan yaitu dayaGAGASdunia.

Lantai Dasar Dagadu Gedong Kuning
Lantai Dasar Dagadu Gedong Kuning

Mengingat Dagadu buat saya adalah membawa saya ke masa kecil saya ketika berjalan menyusuri jalanan Malioboro dan begitu banyak lapak yang menjual kaos ini. Dan ternyata banyak sekali yang palsu. Dagadu palsu memang banyak beredar di Jogjakarta. Tentunya dengan harga yang miring sekali hampir setengah harga dari yang asli.

Jadi, sebaiknya jika kita ingin membeli kaos Dagadu asli maka datanglah ke toko resmi Dagadu. Nah, salah satu toko Dagadu resmi yang cukup besar terletak di Jalan Gedongkuning (arah Ring Road selatan Jogjakarta) yang biasa dikenal sebagai Yogyatourium Dagadu Djokdja. Disini kita akan menemukan berbagai jenis barang asli Dagadu ataupun sister brandnya.

Lantai Atas Dagadu Gedong Kuning
Lantai Atas Dagadu Gedong Kuning

Bangunannya sendiri terdiri dari 3 level: lantai dasar, lantai atas dan taman bermain yang ada dibagian belakang dimana agak turun kebawah. Cukup luas memang untuk memajang seluruh kaos, tas dan barang lain asli Dagadu terbaru. Menjadi sebuah hal yang unik ketika kita melihat tangga yang dipakai untuk naik kelantai atas berupa jalur melingkar mengikuti tembok bangunan ini.

Kamar Pas
Kamar Pas

Hal lain yang bikin betah belanja oleh-oleh khas Jogja ini adalah keramahan dari mas dan mbak karyawan di toko ini. Mereka siap membantu pembeli untuk menemukan ukuran kaos sesuai desain yang dipilih oleh pembeli. Sedangkan hal unik dan lucu yang saya temukan disini adalah kamar pas yang berbentuk mirip sebuah kulkas besar.

Informasi Penting

Yogyatourium Dagadu Djokdja
Jalan Gedongkuning Selatan, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172, Indonesia
+62 274 373441

Peta

Yogyatourium Dagadu Djokdja – Paduan Otentik Modern Oleh Oleh Jogjakarta
Tagged on:                                             

3 thoughts on “Yogyatourium Dagadu Djokdja – Paduan Otentik Modern Oleh Oleh Jogjakarta

Leave Your Commentary

Translate »